Food & Nutrition

Manfaat Kimchi yang Tak Banyak Orang Tahu

2017-01-23
Manfaat kimchi yang tak banyak orang tahu - Kimchi adalah sejenis asinan bercita rasa pedas yang juga merupakan makanan khas masyarakat Korea.

Umumnya, kimchi terbuat dari potongan kubis yang direndam dengan campuran garam, cuka, bawang putih, cabe, dan beberapa rempah lainnya. Semua bahan difermentasi dengan baik sehingga terciptalah asinan yang nikmat dimakan dengan nasi hangat. Namun tak banyak orang yang tahu bahwa banyak manfaat kimchi untuk kesehatan.    

Apa saja manfaat Kimchi untuk kesehatan ? 

Menurunkan kolesterol

Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi atau tingkat kolesterol yang cukup membahayakan, jangan ragu untuk mengonsumsi kimchi. Bawang putih yang ditemukan dalam kimchi mengandung allicin dan selenium yang mampu mengurangi kandungan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga secara tidak langsung membantu mencegah berkembangnya stroke dan penyakit jantung karena mencegah terbentuknya lapisan kotoran di arteri.

Manfaat kimchi untuk diet

Ternyata kimchi juga bagus untuk diet. Manfaat kimchi untuk diet tak lain adalah sebagai pelancar sistem pencernaan. Kimchi dibuat dengan teknik fermentasi yang otomatis membuat makanan ini mengandung banyak bakteri baik bernama lactobacilli. Bakteri tersebut akan membantu proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu, kimchi juga memiliki probiotik yang berfungsi melawan beragam infeksi dalam tubuh.

Mendukung sistem imun tubuh serta kesehatan mata

Manfaat kimchi untuk kesehatan lainnya adalah kandungan vitamin A yang dimilikinya. Dalam 100 gram kimchi terdapat 18% kandungan vitamin A yang dibutuhkan oleh manusia dalam sehari. Vitamin A sangat bermanfaat sebagai pendukung sistem imun yang baik serta menghilangkan zat radikal bebas dari tubuh sebagai penyebab kanker. Selain itu, vitamin A juga mendukung kesehatan indera penglihatan.

Menyehatkan kulit dan rambut

Selain bagus untuk kesehatan, ternyata ada juga manfaat kimchi untuk kulit. Kandungan selenium dalam bawang putih sebagai bahan pembuat kimchi membantu Anda menjaga kecantikan kulit sekaligus mempertahankan kesehatan rambut. Selain itu, selenium juga merupakan bagian dari glutathione, senyawa yang membantu tubuh menyerap vitamin C lebih baik.

Mencegah kanker perut

Sebuah penelitian yang dilakukan di Chungnam National University menemukan bahwa kubis dan lobak yang jadi bahan dasar kimchi mengandung senyawa biologis seperti isocyanate dan sulfida yang membantu tubuh untuk mendetoksifikasi logam berat dalam liver, usus halus, dan ginjal. Selain itu, isocyanate juga terbukti cocok untuk mencegah kanker perut dengan baik.

Memperlambat proses penuaan diri

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa orang-orang Korea terlihat muda di usianya saat ini. Pada dasarnya hal tersebut tidak lain adalah berkat kimchi. Setelah dua minggu difermentasi, kandungan anti oksidan yang mampu memperlambat penuaan kulit berkembang banyak. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu membantu mencegah proses oksidasi pada sel kulit sehingga Anda terlihat tanpa beban dan rileks, meskipun tengah berada dalam tingkatan stres yang tinggi.

Begitu banyak manfaat kimchi untuk kesehatan. Dengan mengetahui manfaat kimchi, diharapkan Anda dapat menjadikannya sebagai pilihan menu makanan sehat sehari-hari. Khusus bagi Anda yang sensitif dengan makanan fermentasi, hindari mengonsumsi kimchi terlalu banyak karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan,

0 COMMENTS