Food & Nutrition

Manfaat Minum Teh dan Bahayanya Bagi Sebagian Orang

2016-10-10
Manfaat Minum Teh dan bahayanya bagi sebagian orang - Di Indonesia bahkan di dunia, jenis daun teh ini sangat bermacam-macam.

Jika Anda mengunjungi suatu daerah di Indonesia, ketika Anda merasakan teh lokal asli maka rasanya akan sedikit berebda dari teh di daerah Anda sebelumnya. Salah satu jenis daun teh yang sedang terkenal sekarang adalah teh hijau. Ketika Anda biasanya minum teh berwarna cokelat kehitam-hitaman, sekarang ada teh yang berwarna hijau. Manfaat teh hijau sudah terkenal dimana-mana, salah satu manfaatnya adalah mencegah dan mengobati kanker.

Teh hijau ini berasal dari daun camellia sinensis. Bedanya dengan teh hitam biasa adalah teh hijau ini tidak mengalami fermentasi. Sekarang kita tidak hanya membahas manfaat teh hijau untuk mencegah kanker, tetapi juga akan membahas tentang manfaat teh untuk wajah dan manfaat teh hijau untuk diet.

Manfaat Teh Hijau

Proses pembuatan teh hijau ini bisa dibilang agak sedikit rumit jika dibandingkan dengan teh biasa. Mulai dari proses pelayuan, pendinginan, penggulungan daun, pengeringan sampai pengepakan pun berbeda. Itulah mengapa teh hijau ini harganya bisa lebih mahal dan tentunya mempunyai manfaat yang lebih dibandingkan teh biasa. Manfaat minum teh ini dirasa lebih karena kandungan seperti antibiotic sefalosporin dan jenis katekin yang lebih kuat dari pada teh biasa.

  • Manfaat teh hijau untuk diet

Manfaat pertama teh hijau adalah untuk mengontrol berat badan. Kandungan polifenol katekin yang ada di dalam teh hijau ini ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh manusia. Sehingga bisa mengubah tingkat oksidasi lemak di dalam tubuh menjadi kalori yang baik. Jika Anda rutin minum teh hijau setiap hari, maka tubuh Anda akan terdetoksifikasi menjadi lebih baik dan juga dapat mencegah nafsu makan.

  • Manfaat teh untuk wajah

Selain untuk diet dan mengontrol berat badan, teh ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kulit wajah agar tetap cerah dan berseri. Ada dua cara untuk membuat wajah Anda lebih segar dengan menggunakan teh hijau, pertama dengan meminumnya dan mengoleskan campuran teh hijau di wajah. Untuk penggunaan teh hijau yang dioleskan, Anda tinggal mencampur 100 gram teh dengan air selama 40 menit, kemudian saring dan masukkan ke dalam kulkas. Oleskan ke dalam wajah ketika Anda pulang kerja atau sehabis mandi untuk mendapatkan sensasi yang segar.

Bahaya Minum Teh

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik kan? Begitu juga ketika Anda terlalu banyak meminum teh hijau terlalu banyak. Gangguan pertama ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi teh hijau adalah naiknya asam lambung, mengganggu kesehatan ginjal dan yang paling bahaya adalah menganggu kesehatan janin. Efek terakhir adalah ketika Anda atau keluarga ada yang hamil, tidak disarankan untuk mengonsumsi teh hijau. Ini karena kandungan kafein yang cukup tinggi di dalam teh hijau dapat menyebabkan gangguan otak pada janin ketika dikonsumsi secara berlebih.

Jadi lebih baik Anda mengonsumsi teh hijau ini dalam jumlah yang wajar. Misalnya, sehari maksimal 2 kali atau bisa seminggu 4 kali. Manfaat teh hijau ini tentu tidak akan bisa langsung Anda rasakan, Anda harus rutin dan juga tidak terlalu berlebihan ketika mengonsumsi teh hijau. Sekian manfaat minum teh dan bahayanya bagi sebgian orang. Selamat mencoba.

0 COMMENTS