Beauty

Obat Alami Sembuhkan Mata Merah

2016-12-25
Cara alami sembuhkan mata merah - Mata merah bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satu penyebab paling umum adalah masuknya debu atau partikel asing ke dalam bola mata.

Sebagai bentuk pertahanan tubuh, mata melepaskan zat yang disebut histamin sebagai reaksi terhadap zat alergen yang masuk sehingga menyebabkan pembuluh darah bengkak dan mata menjadi merah. Mengucek mata dan tidur yang kurang dapat memperparah hal ini. Untuk itu, Anda perlu mengobati mata merah secepat mungkin.

Selain hal di atas, mata merah juga bisa menyerang Anda yang sehari-hari duduk di depan layar komputer sehingga mata pun menjadi kering. Penyebab lainnya juga ada seperti: batuk dan flu, glukoma, lensa kontak, merokok, perubahan hormon selama masa kehamilan (bagi wanita), serta berenang di air yang terlalu banyak mengandung klorin.

Tak perlu khawatir jika Anda mengalami mata merah. Segera atasi dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Air Bunga Mawar

Mawar mengandung zat anti inflamasi dan mampu mencegah infeksi sehingga air yang dibuat dari kelopak bunga mawar ini dapat Anda jadikan sebagai solusi untuk mengobati mata merah yang bengkak. Caranya, celupkan kapas ke dalam air bunga mawar lalu letakkan di atas kelopak mata. Diamkan selama lima belas menit. Selain kapas, Anda juga bisa menggunakan irisan mentimun. Kandungan air pada mentimun bersifat mendinginkan. Celupkan irisan mentimun ke air bunga mawar lalu letakkan di area mata dan diamkan. Jika Anda tidak mau ribet, bisa langsung meneteskan sebanyak dua hingga tiga tetes air bunga mawar ke mata merah.

Teh Hijau

Teh hijau juga mengandung zat anti inflamasi sehingga bisa Anda jdikan alternatif sederhana untuk mengobati mata merah. Rebus sebanyak dua kantung teh hijau dalam satu cangkir air. Diamkan hingga dingin. Gunakan untuk mencuci mata selama dua kali sehari. Lakukan selama tiga hari atau hingga mata kembali normal. Perlu Anda ingat, jangan mencuci mata dua kali dengan air rebusan teh hijau yang sama karena bakterinya dapat kembali lagi. Gunakan hanya sekali pakai. Selain teh hijau, Anda juga bisa menggantinya dengan chamomile tea yang juga sama-sama bersifat anti inflamasi.

Cara Mengobati Mata Merah dari Dalam

Cara mengobati mata merah juga bisa dilakukan dari dalam dengan mengonsumsi jus buah. Buah yang baik untuk kesehatan mata adalah wortel. Anda bisa membuat smoothies yang terbuat dari wortel dan bayam untuk membantu proses penyembuhan mata merah dari dalam, selain mengobatinya dari luar. Wortel mengandung vitamin A dan beta karoten sedangkan bayam mengandung mineral lutein dan zeaxanthin. Vitamin dan mineral ini baik untuk menjaga kesehatan mata.

Agar cepat sembuh, jangan mengucek mata walau terasa gatal dan istirahatlah yang cukup. Jika sedang mengemudi atau keluar rumah di siang hari, pakailah kacamata untuk melindungi mata Anda agar inflamasi tidak semakin parah. Yang paling penting, minumlah banyak air. Jika Anda seorang perokok, sebaiknya mulai pikirkan untuk mengurangi kebaisaan tersebut karena merokok dapat membuat organ tubuh mengalami dehidrasi, termasuk mata kering yang bisa menjadi penyebab mata merah. Jika mata merah tak kunjung sembuh dalam beberapa hari meskipun Anda sudah melakukan cara alami di atas dan menghindari hal-hal yang menjadi pemicunya, segera hubungi dokter.

Cara-cara alami di atas sebaiknya tidak digunakan untuk mengatasi mata merah pada bayi, mengingat organ bayi masih sangat sensitif. Hubungi dokter anak untuk mendapatkan resep antibiotik atau obat tetes tertentu yang aman untuk bayi.

0 COMMENTS