Others

Mekanisme Bicara

2028-12-07
Proses berbicara bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak mekanisme yang diperlukan seseorang untuk berbicara satu kata.

Berbicara adalah mudah bagi sebagian besar orang karena aktivitas mekanisme ini bekerja diluar sadar. Tapi untuk sebagian orang, proses ini sangat sulit terutama bagi mereka yang termasuk dalam spektrum autisme.

Proses bicara dimulai dari indra pendengaran agar kita bisa mengerti bahasa sejak usia dini atau saat berkomunikasi dengan seseorang. Dalam prosesnya, bahasa atau suara yang kita dengar harus diinterpretasikan oleh otak agar mengerti arti dari ucapan tersebut. Setelah otak memproses bahasa yang kita dengar lalu ia akan memerintahkan mulut kita untuk merespon dengan gerakan bicara.

Proses mengeluarkan suara diawali dengan menarik napas, lalu diikuti oleh pita suara yang bergerak ke arah dinding kotak suara atau laring, dimana pita suara bergerak ke dalam dan otot-otot pada kotak suara akan mengencang.  Hal ini menyebabkan pita suara merenggang. Pada saat udara dari paru-paru melewati pita suara, maka suara akan terbentuk (Britannica Kids).

Dari penjelasan sederhana di atas, bisa dibayangkan proses berbicara bukanlah sesuatu hal yang mudah, terutama bagi mereka yang masuk dalam spektrum autisme. Mereka yang tergolong dalam spektrum autisme biasanya sangat teliti dalam memperhatikan satu proses.  Bayangkan betapa sulitnya jika harus memikirkan proses bicara  pada saat ingin berbicara.

Atas dasar ini, sangat penting untuk diingat saat menghadapi anak dengan autisme terutama mereka yang terlambat dalam berbicara, ada baiknya untuk tidak memaksa mereka berbicara seperti layaknya orang awam pada umumnya  karena hal tersebut tidaklah mudah bagi mereka.

Jadi bagaimana cara kita bisa berkomunikasi dengan mereka?

Awali dengan mencari tahu bagaimana mereka melakukan komunikasi. Selanjutnya mulailah mencoba berkomunikasi dengan cara yang dimiliki oleh masing-masing mereka.

0 COMMENTS