Psychology

Memberikan Contoh Yang Baik Dalam Mendidik Anak

2017-09-26
Setiap orangtua pasti ingin mendidik anak dengan cara yang baik, sedangkan seringkali tanpa disadari orangtua memberikan contoh yang tidak baik.

Seperti halnya orangtua melarang agar tidak melakukan suatu kegiatan tertentu namun justru orangtua tersebut melakukannya. Contoh yang paling mudah yaitu orangtua melarang atau membatasi anak untuk tidak terlalu sering bermain gadget termasuk handphone, sedangkan orangtua tersebut menggunakan gadget selama berjam-jam.

Alasan orangtua dalam melarang penggunaan gadget pada anak biasanya didasari dari pendapat atau penelitian yang menyatakan bahwa terlalu sering terekspos layar pasif akan berakibat buruk pada pertumbuhan anak. Sebelum memutuskan tindakan tersebut ada baiknya orangtua mengetahui beberapa hal atas penelitian ini terlebih dahulu. Pertama, anggapan tersebut bukanlah dikarenakan dari penggunaan gadget atau layar interaktif melainkan dari anak yang berlebihan menonton televisi. Kedua, tujuan dari penelitian tersebut dimaksudkan bahwa anak perlu berinteraksi dan bersosialisasi dengan orangtua agar pertumbuhan mental anak tidak terhambat.

Jika orangtua hanya menyingkirkan gadget namun jarang berinteraksi atau bahkan tidak bersosialiasi dengan anak, maka hal tersebut tetap saja menjadikan pertumbuhan anak terhambat. Pada dasarnya cara orangtua dalam mendidik anak pasti berbeda-beda. Oleh karena itu, jika orangtua tidak ingin anak ketergantungan pada gadget, maka ada baiknya orangtua juga harus menyingkirkan gadget mereka agar dapat memberikan contoh yang baik kepada anak.

0 COMMENTS