Mom & Kids

Memperluas Wawasan & Ketertarikan ABK

2020-02-10
Salah satu ciri utama dari ABK adalah mereka lebih cenderung fokus atau ingin bermain dengan aktivitas yang sama atau dengan benda yang sama.

Sebagai contoh seorang ABK mungkin hanya mau membaca buku yang sama atau mungkin tertarik pada satu tipe kendaraan seperti ambulance atau truk pemadam ada juga ABK yang sangat suka berbagai macam roda. Alasan yang pasti kenapa ABK bersikap seperti ini belum diketahui pasti oleh para ahli. Alasanya bisa saja ABK sangat tertarik pada satu atau beberapa benda karena mereka sangat penesaran dengan semua hal yang berhubungan dengan benda.

Dalam kasus buku bisa saja ABK penasaran kenapa buku mempunyai beberapa lembar, kenapa lembaran sampul berbeda dengan lembaran dalamnya i.e. biasanya lembar sampul lebih keras daripada lembar dalam buku. Dalam kasus mobil pemadam bisa saja ABK penasaran kenapa truk tersebut bisa mengeluarkan air, menaikkan tangga & bisa mengeluarkan sirene. Apapun alasanya, para ahli setuju penting bagi ABK untuk memperluas wawasan & ketertarikkan mereka agar mereka bisa beradaptasi dalam kehiduppan sehari hari.  

Untuk memperluas ketertarikkan ABK bukanlah perkerjaan yang mudah karena jika mereka tidak tertarik oleh suatu aktivitas mereka tidak mau untuk mencobanya. Hal yang biasa dilakukan oleh para ahli adalah untuk mengerti terdahulu kenapa ABK menyukai suatu hal, sehabis itu coba untuk berpartisipasi dalam aktivitas yang mereka sukai. Sebagai contoh jika ABK menyukai roda, coba tanya kenapa roda bisa berputar atau mungkin tanyakan ada beberapa macam roda yang mereka tahu. Hal ini perlu dilakukan untuk menarik perhatian mereka, setelah kita berhasil menangkap perhatian ini merupakan tahap pertama untuk mengenalkan aktivitas atau permainan lain. Langkah selanjutnya adalah mengenalkan aktivitas yang masih berhubungan dengan yang mereka sukai.

Jika kita kembali lagi kepada anak yang suka roda, mungkin kita bisa memperkenalkan berbagai macam roda yang berbeda dari roda yang biasa mereka mainkan. Sebagai contoh jika mereka suka main roda mobil, coba perkenalkan dengan roda motor atau roda truk. Setelah mereka tertarik dengan berbagai macam roda, coba perkenalkan pada kendaraan yang memakai roda2 tersebut seperti mobil, truk, motor dll. Sehabis itu bisa saja kita mulai memperkenalkan beda bunyi mobil, motor & truk. Dengan melakukan tindakan seperti ini lama kelaman wawasan ABK akan lebih luas & mereka akan mau berpartisipasi pada aktivitas yang baru.

Untuk menjalankan langkah ini dengan efektif sangatlah penting komunikasi antara orang tua, keluarga, guru & terapis, dengan membuka jalur komunikasi ini semua orang yang terlibat dalam kehiduppan ABK bisa tahu persis apa saja yang dapat menarik perhatian ABK. Perkembangan yang ABK alami dalam menjalankan langkah ini juga terus dikomunikasikan sehingga diharapkan dengan cara ini wawasan ABK akan menjadi lebih luas & lebih cepat.

0 COMMENTS