Psychology

Mengenal Lebih Dekat Bipolar Disorder, Gejala dan Penyebabnya

2022-04-04
Bipolar Disorder (kelainan bipolar) merupakan suatu kondisi mental yang menyebabkan perubahan mood extreme pada seseorang.

Hal ini membuat keadaan seseorang berubah signifikan dari emosi yang sangat bahagia berubah menjadi emosi yang Sedih, bahkan bisa membuat mereka depresi. Kondisi bahagia yang dialami seseorang yang bipolar, terdapat 2 tipe yaitu hypomania atau dimana yang kita ketahui ketika merasakan & menunjukkan kebahagiaan yang berlebihan sedangkan mania adalah satu kondisi bahagia berlebihan yang lebih parah dari hypomania.

Jika seseorang mengalami kondisi mania maka aktivitas mereka dalam sekolah, pekerjaan atau kehidupan pribadi dapat menjadi sangat terganggu karena mereka tidak dapat berfungsi normal. Kondisi mania juga dapat menyebabkan seseorang terlepas dari realita atau berkhayal sehingga dengan kondisi ini memerlukan perawatan di rumah sakit. Akhir-akhir ini, isu ini semakin merebak karena kita dapat melihat sendiri efek dari kelainan bipolar terjadi pada artis dalam & luar negeri. Ditambah lagi, kerabat dan orang-orang di sekitar kita mengalami hal yang sama, atau kita mulai sadar bahwa mereka memiliki kelainan bipolar.

Mungkin sebagian besar orang hanya mengerti, bahwa orang yang mempunyai kelainan bipolar hanya terlihat dari gelagat mereka yang tidak wajar saja. Akan tetapi, pada kenyataanya bipolar mempunyai banyak tipe & bentuk. Bentuk pertama dari Bipolar atau Bipolar tipe 1 setidaknya orang tersebut akan mengalami 1 episode dimana mereka akan mengalami hypomania atau depresi sebelum atau sesudah episode tersebut. Bentuk Bipolar yang kedua atau Bipolar tipe 2 dimana seseorang bisa mengalami 1 episode hypomania & 1 episode depresi. Dengan adanya hal ini, penting untuk diingat bahwa bukan berarti bipolar 1 menunjukan kondisi lebih parah dari bipolar 2 ataupun sebaliknya melainkan hanya nama tipe bipolar saja. Tipe berikutnya adalah kelainan cyclothymic, dimana setidaknya seseorang akan mengalami beberapa kali atau seringkali episode hypomania & depresi dalam waktu 2 tahun atau 1 tahun pada remaja & anak2. Tipe terakhir dari kelainan Bipolar adalah kelainan Bipolar yang disebabkan oleh alkohol atau narkoba.

Hal ini mungkin yang banyak tidak diperhatikan oleh kebanyakan orang terutama jika kerabat kita terlibat narkoba atau alkohol, seringkali komentar dari keluarga mereka yakni perilaku mereka seperti berubah menjadi orang lain. Hal yang mereka lihat ini adalah bahwa keluarga mereka yang terlibat narkoba atau alkohol mengalami kelainan bipolar.

Kelainan bipolar pada anak-anak & remaja sangat sulit untuk diidentifikasi karena emosi pada anak-anak yang tidak memiliki kelainan bipolar bisa berubah dengan sangat cepat & drastis.

Pada anak-anak & remaja yakni tanda-tanda paling jelas dari kelainan bipolar adalah perubahan emosi mereka sangat berbeda dengan perubahan emosi mereka yang biasanya. Dikarenakan kelainan bipolar pada anak-anak & terutama remaja jarang diperhatikan maka tidak sedikit dari mereka yang mengalami depresi.

Sebagian dari mereka sampai mengakhiri hidup mereka sendiri. Kelainan pada bipolar adalah kondisi yang harus ditanggung seseorang seumur hidup mereka tetapi hal baiknya yakni perubahan emosi & gejala lainnya pada kelainan bipolar dapat di terapi & di manage. Biasanya psikolog atau terapis akan membuat rencana terapi untuk orang tersebut, untuk dijalankan di hidup mereka. Untuk beberapa kasus yang cukup parah biasanya diperlukan bantuan obat-obatan & konseling secara psikologis.

0 COMMENTS