Others

Mengetahui Serba-serbi Placebo Effect dan Manfaatnya

2021-11-01
Di dalam tubuh manusia, pikiran kita bisa menjadi alat kesehatan yang sangat kuat dan mempengaruhi kinerja tubuh secara keseluruhan.

Mungkin kita pernah dengar sebuah istilah yang menyatakan bahwa, jika kita berpikir optimis atau berpikiran positif, maka tubuh kita akan lebih cepat dalam menyembuhkan penyakit yang kita alami. Pendapat ini menurut para ahli, merupakan hal yang nyata. Fenomena ini adalah istilah yang dikenal dengan efek placebo.

Sebagai sebuah contoh, pernahkah kita merasakan tubuh kita menjadi lebih segar ketika kita sakit, dan dalam perjalanan menuju ke dokter? atau kita merasa membaik saat kita mengkonsumsi obat yang mahal, atau ketika tekanan darah kita tiba-tiba naik pada saat diperiksa dokter padahal kita tidak mempunyai riwayat darah tinggi. Semua ini adalah contoh dari efek placebo. Fenomena efek placebo sering digunakan untuk mengetahui efek atau efektivitas suatu obat. Sebagai contoh, seringkali partisipan yang mengikuti percobaan obat biasanya akan dibagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok yang pertama akan diberikan obat yang tidak mempunyai khasiat apapun (placebo) & satu kelompok yang lainnya diberikan obat yang memiliki kandungan khasiat di dalamnya.

Pada dasarnya, khasiat obat dinyatakan berhasil dalam percobaan, jika efek di tubuh partisipan berbeda antara kelompok yang mengkonsumsi obat placebo dengan obat yang mempunyai khasiat. Saat ini, menurut para ahli ternyata efek placebo dapat digunakan tidak hanya untuk menentukkan efektivitas obat saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan pasien.

Menurut para ahli yang sama, efek placebo tidak akan menyembuhkan tubuh kita secara fisik saja. Sehingga dengan kata lain, efek dari placebo tidak akan menurunkan tingkat kolesterol atau menghilangkan tumor. Namun efek placebo saat ini mulai digunakan di bidang medis, khususnya untuk mengurangi rasa sakit pada pasien yang sedang sakit, juga untuk para pasien yang mengalami efek samping dari perawatan dalam kasus sakit yang membutuhkan penanganan serius seperti kanker, yang menimbulkan rasa mual & badan letih.

Di bidang manajemen stress, efek dari placebo juga dapat dipakai untuk mengurangi tingkat stres & insomnia. Pengunaan efek placebo ini biasanya dimulai dengan membuat pasien berpikir positif & selalu merasa optimis. Dengan hal itu, maka rasa sakit & tidak nyaman yang dirasakan oleh pasien akan berkurang. Sehingga pasien dapat fokus pada perawatan yang tepat. Disamping itu juga pasien memiliki rasa untuk tidak menyerah karena rasa sakit yang luar biasa. Tentu saja, dalam teori sangat mudah untuk mengatakan ke seseorang harus tetap optimis jika sedang sakit dalam tingkat yang cukup serius, tetapi pada kenyataanya sangat sulit membuat orang optimis jika, mereka merasakan sakit yang luar biasa.

Untuk membantu pasien merasa optimis, dapat dimulai menanyakan hal yang mereka sukai, sebagai contoh: jika mereka gemar mendengarkan lagu maka dapat memutarkan lagu yang mereka suka atau berbagi berita dengan mereka jika ada jenis perawatan baru yang efektif untuk penanganan penyakit pasien.

Dari segi tempat perawatan pasien, seperti rumah sakit jika memungkinkan dapat menyediakan tempat yang terang, banyak cahaya & suasana yang ceria, dengan  menggunakan warna cat yang terang di dalam ruang perawatan. Tak ada salahnya untuk mencoba metode ini. Tentunya hal ini tidak memerlukan keahlian khusus atau dokter ahli, keluarga atau kerabat pun juga dapat menerapkan hal ini. Dengan adanya metode ini, diharapkan penyakit yang dialami akan lebih cepat untuk kembali pulih dan sembuh.

0 COMMENTS