Psychology

Mengubah Pola Makan Dapat Membantu Kesehatan Mental. Benarkah Demikian?

2019-03-25
Jika seseorang mengalami gangguan mental atau depresi biasanya yang dilakukan orang itu adalah melakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran seperti meditasi atau bertemu psikologis untuk mendapatkan bantuan professional.

Namun, menurut penelitian di Australia tahun 2016, meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan ternyata bisa membantu dalam masalah mental seseorang.

Menurut studi tersebut yang telah diikuti lebih dari 40.000 perserta, peningkatan konsumsi buah-buahan dan sayuran pada 40.000 peserta tersebut selama 5 tahun menghasilkan peningkatan kesehatan mental dan kepuasan dalam hidup mereka. Studi sudah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membawa efek yang positif bagi kesehatan mental, tetapi dengan menambahkan satu porsi buah-buahan dan sayur-sayuran dapat memberikan efek yang sama seperti berjalan 7-8 hari.

Jadi apakah yang dimaksud 1 porsi tambahan untuk buah-buahan dan sayur-sayuran? Yang dimaksud 1 porsi tambahan untuk memberikan efek positif bagi kesehatan mental adalah satu porsi sama dengan 1 gelas sayuran mentah, atau bisa juga dengan setengah gelas sayuran matang, selain itu dapat diganti dengan setengah gelas buah-buahan, atau hanya dengan 1 jenis buah-buahan. Ternyata ada solusi yang cukup mudah untuk memperbaiki kesehatan mental seseorang.

Lalu faktor apakah yang menghubungkan kesehatan mental dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran? Menurut penelitian, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran seperti vitamin C dan E dapat menurunkan penanda inflamasi yang bisa menurunkan level depresi seseorang.

Memang penelitian lebih lanjut harus dilakukan, tetapi cara untuk mendapatkan kesehatan mental merupakan aktivitas yang sangat mudah yaitu dengan menambahkan sedikit tambahan buah-buahan dan sayur-sayuran kepada pola makan kita. Sehingga jelas, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran.

0 COMMENTS