Others

Meningkatkan Imunitas dengan Bahan Sehari-hari

2020-08-19
Di zaman COVID-19 ini, imunitas menjadi hal yang wajib dijaga dan ditingkatkan. Banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh seperti memiliki pola hidup yang sehat dengan olahraga yang teratur, mengonsumsi vitamin serta makanan yang bergizi.

Jika mengingat masa awal-awal epidemi terjadi, vitamin C, E, zinc dan vitamin lainnya yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas habis terjual. Sedangkan vitamin-vitamin tersebut terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan kebanyakan mudah ditemukan di dapur Anda. Perbedaannya adalah vitamin yang dijual mengambil esensi dari bahan-bahan tersebut sehingga memberikan efek yang lebih tinggi. Namun, bukan berarti bahan-bahan aslinya tidak mengandung efek baik.

Untuk mendapatkan sumber makanan yang mengandung vitamin yang tinggi dan mudah didapatkan bisa dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah seperti jeruk dengan jenis apapun baik jeruk mandarin, lemon atau pun jeruk limau berisi kandungan vitamin yang sangat tinggi. Sebaiknya buah tersebut dikonsumsi dalam bentuk belum diolah, bisa dalam bentuk jus atau diolah dalam masakan. Selain jeruk, buah seperti semangka dan timun juga merupakan sumber makanan yang baik untuk meningkatkan imunitas, karena buah tersebut mengandung nutrisi dan kandungan air yang tinggi serta bagus bagi pencernaan. Tak hanya itu, jika Anda sedang diet maka buah tersebut memiliki kalori yang cukup rendah, lho! Selain vitamin C dari jeruk, buah mangga juga mengandung vitamin A yang tinggi demi meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh tidak hanya bisa didapat dari buah-buahan saja. Anda juga bisa mengonsumsi sayur-sayuran, daun dan bumbu. Salah satu contoh tanaman yang paling baik adalah daun mint karena mengandung antioksidan yang tinggi dan anti-inflammatory (anti bengkak). Untuk sayur-sayuran terdapat banyak sekali jenis sayuran yang mengandung vitamin C yang tinggi seperti paprika, brokoli, dan bayam. Kandungan vitamin C dari paprika 3 kali lebih tinggi dari jeruk dan sejenisnya. Sedangkan brokoli mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, dan E serta memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi. Cara terbaik untuk mengolah brokoli adalah dengan direbus atau dikukus. Selain itu, bayam juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena mengandung vitamin C, antioksidan dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Selain buah dan sayur, bumbu-bumbu dapur juga memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh seperti contoh pada bawang putih yang mengandung bahan bernama allicin yang dapat meningkatkan imunitas seseorang. Kemudian jahe, karena tak hanya baik untuk meningkatkan imunitas seseorang, jahe memiliki manfaat untuk mengurangi pembengkakan dalam tubuh, menyembuhkan nyeri tenggorokan, mengurangi rasa mual, mengurangi rasa sakit di tubuh dan dapat mengurangi kolesterol. Hal tersebut menjadikan jahe sering ditemukan pada vitamin, obat tenggorokan dan jamu. Bumbu dapur selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung bahan bernama curcumin yang dapat mengurangi bengkak dan memiliki antioksidan yang tinggi.

Beberapa bahan yang sudah disebutkan di atas adalah bahan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang, tetapi sebetulnya di sekitar kita masih banyak lagi bahan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas yang mungkin belum diketahui. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk lebih lengkapnya. Usahakan konsumsi beberapa bahan makanan yang sudah disebutkan di atas agar imunitas tubuh dapat meningkat. Penting untuk diingat bahwa imunitas tubuh tidak bisa didapatkan secara instan tetapi harus pelan-pelan dibangun dengan cara mengonsumsi bahan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur.

0 COMMENTS