Fitness

Menjaga Berat Badan Yang Ideal

2018-12-07
Memiliki tubuh yang ideal tentunya menjadi idaman semua orang.

Banyak orang setidaknya pernah mencoba untuk menurunkan berat badan ke  berat badan yang diidamkan, dan ternyata hal tersebut tidaklah mudah.

Untuk mencapai berat tertentu diperlukan tingkat disiplin tinggi karena tidak hanya harus mengubah pola makan namun diperlukan juga olahraga teratur.

Setelah tercapainya berat badan ideal selanjutnya tugas lebih berat menanti, adalah menjaga berat badan ideal agar tidak naik kembali.

Kesulitan menjaga berat badan ideal antara lain diet pola makan dan olahraga teratur seumur hidup. Ditambah bila semakin bertambah umur, kita harus memperketat diet dan olahraga yang lebih disiplin.

Banyak orang yang gagal dalam menjaga berat badan karena cara diet terlalu berat untuk dijalankan dan tidak sesuai dengan kondisi umur mereka.

Selain dari faktor psikologis, penyebab kegagalan dalam menjaga berat badan juga berasal dari faktor biologis. Secara biologis tubuh bekerja untuk menjaga berat badan tidak berkurang supaya fungsi tubuh bisa bekerja normal. Pada saat diet maka tubuh akan kehilangan lemak. Hormon leptin yang menjaga kita dari rasa lapar akan memberikan sinyal pada tubuh bahwa kandungan lemak di dalam tubuh berkurang dan harus ditambah lagi agar kembali seperti sedia kala. Hal tersebut membuat kita mengonsumsi makanan lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Dalam menjalankan diet yang cukup ketat, otak akan menciptakan rasa nikmat berlebih saat mengonsumsi makanan yang lebih enak dari biasanya. Hal tersebut berdampak pada kendali untuk menahan atau mengurangi makanan menjadi rendah, sehingga seseorang yang berdiet akan memiliki kecenderungan  mengonsumsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh (Rosenbaum et al “energy intake in weight reduced humans”).

Dengan banyaknya halangan tersebut, apakah gunanya melakukan diet dan menjaga berat badan ideal jika beberapa faktor utama pada tubuh berupaya mencegah kita untuk mencapai tujuan?

Saat beban tubuh berkurang, badan menjadi lebih efektif dan efisien. Energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan tubuh akan lebih kecil, sehingga otak memberikan sinyal kepada otot untuk mengonsumsi energi lebih rendah maka metabolisme kita pun menurun.

 Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar diet kita bertahan lama.

Pertama, saat memutuskan untuk diet kita harus memilih jenis diet yang sesuai dengan tubuh. Pastikan juga bahwa kita bisa bertahan dengan pola diet yang dipilih sepanjang umur kita, walau hasilnya tidak akan secepat bila melakukan diet ekstrim atau berat.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga setidaknya satu jam per hari sehingga kalori dapat selalu terbakar walaupun kondisi istirahat.

0 COMMENTS