Others

Menjaga Kesehatan Gigi

2019-06-17
Gigi merupakan bagian tubuh yang perlu dirawat dengan baik. Untuk menjaga kesehatan gigi, selain harus rajin membershkan gigi ada beberapa makanan atau minuman yang harus dihindari.

Sebelum membicarakan makanan atau minuman apa saja yang harus dihindari untuk kesehatan gigi, kita perlu mengerti apa yang menyebabkan kerusakan gigi yaitu salah satunya adalah plak.

Apa itu plak? Plak adalah deposit lunak yang mengandung banyak bakteri dan bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Bakteri dalam plak mengeluarkan asam yang merusak enamel gigi pada saat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Pada saat enamel pada gigi sudah rusak maka akan menimbulkan lubang pada gigi. Lubang pada gigi bisa menyebabkan komplikasi sakit gigi, masalah dalam mengunyah, bengkak atau infeksi pada gigi.

Jenis makanan atau minuman apa saja yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan gigi? Jika mendengar makanan atau minuman yang tidak baik bagi tubuh, pasti kita langsung berpikir makanan atau minuman manis yang menjadi penyebabnya. Walaupun hal ini ada benarnya tetapi makanan atau minuman manis bukanlah satu-satunya penyebab kerusakan pada gigi. Karena  makanan yang tidak mengandung gula pun bisa menyebabkan kerusakan gigi lebih parah daripada makanan atau minuman manis.

Makanan atau minuman yang mengandung asam tinggi atau lengket bisa berakibat lebih buruk pada gigi dibandingkan makanan atau minuman yang manis. Contoh untuk makanan ini adalah permen asam (sour candy). Makanan ini berbahaya bagi gigi karena mengandung berbagai asam yang tidak baik bagi gigi, ditambah lagi makanan ini bersifat lengket sehingga bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada gigi. Makanan kedua yang tidak baik untuk gigi adalah roti putih. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada saat kita mengunyah roti maka air liur kita akan mengubah roti tersebut menjadi gula yang lengket, gula ini akan menempel pada gigi sehingga dapat merusak gigi.

Jenis minuman yang tidak baik buat gigi adalah minuman berakohol. Minuman ini menyebabkan mulut menjadi kering sehingga mengakibatkan kurangnya air liur pada mulut. Air liur penting bagi mulut karena dapat mencegah makanan yang menempel pada gigi. Bahkan air liur bisa mencegah pembusukan gigi, penyakit gusi dan infeksi mulut lainnya.

Dari berbagai macam minuman yang paling tidak baik untuk gigi adalah minuman manis bersoda. Bahkan walaupun minuman tersebut bertuliskan kata ‘diet’. Minuman manis bersoda dikatakan mempunyai efek buruk yang sama dengan efek dari kokain pada gigi. Hal tesebut dikarenakan minuman manis bersoda menyebabkan plak untuk memproduksi asam yang dapat merusak gigi. Selain itu minuman manis bersoda juga menyebabkan mulut kering dan memberikan efek buruk yang sama dengan minuman berakohol.

Mungkin makanan atau minuman yang paling mengejutkan dapat merusak gigi adalah kudapan sehat seperti buah kering dan air putih yang ditambahkan buah segar. Buah kering tidak baik buat gigi karena buah kering bisa menempel pada gigi saat dikonsumsi dan meninggalkan banyak gula pada gigi. Air putih dengan buah segar terutama buah-buah yang mengandung asam tinggi pun dapat merusak gigi lebih buruk daripada sebagian besar minuman manis.

Setelah mengetahui berbagai makanan atau minuman yang dapat merusak gigi bukan berarti kita tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman tersebut, tetapi mungkin mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain itu meminum air putih yang cukup, rajin menggosok gigi dan menggunakan dental floss dapat menjaga kesehatan gigi kita lebih lama dan menikmati makanan dan minuman yang disukai lebih lama.

0 COMMENTS