Psychology

Menjaga Otak Kita Agar Tetap Muda

2022-05-05
Umur kita bisa berbeda dengan umur otak kita, adalah fakta yang banyak tidak diketahui banyak orang.

Seseorang yang masih muda bisa mempunyai otak yang lebih tua dari umurnya dan sebaliknya pun juga bisa dimana seseorang yang sudah berumur bisa mempunyai otak yang jauh lebih muda. Ada beberapa indikasi yang menunjukkan kalau otak kita masih muda walaupun sebenarnya kita sudah berumur. Ketika kita merasa lebih muda dari umur kita adalah salah satu indikasi dari umur otak kita masih relatif muda. Biasanya orang yang tergolong dalam grup ini bisanya lebih aktif secara fisik dan mental.

Orang yang biasanya bisa berbahasa lebih dari satu Bahasa (multilingual) tergolong orang yang mempunyai otak lebih muda. Mereka yang bisa berbahasa lebih dari satu bahasa karena mereka bisa lebih efektif untuk memilih dan memilah informasi sehingga otak lebih terjaga karena tidak dipakai berlebihan atau lebih dari yang diperlukan. Meditasi agar kita bisa menikmati hidup kita saat ini tanpa harus kuatir berlebihan atas masa depan yang belum tentu terjadi adalah cara yang paling baik untuk menjaga massa otak (grey matter) dengan cara mengurangi stress yang dihadapi seseorang. Kenapa massa otak (grey matter) penting ? karena massa otak diperlukan untuk menyimpan informasi sehingga kita tidak cepat pikun ketika umur bertambah. Cobalah setidaknya meditasi 10 menit setiap harinya untuk mendapatkan efek positif ini.

Ada pula beberapa tanda yang patut kita perhatikan yang menunjukkan kalau otak kita mungkin berumur lebih cepat dari umur kita sebenarnya. Orang yang sinis biasanya adalah orang yang bersifat negatif atau selalu berpikiran negatif. Ketika seseorang berpikiran negatif hormon stress di dalam tubuh kita yang bernama kortisol akan merusak kesehatan otak kita. Ketika kerusakan ini sudah terlalu parah maka bisa menyebabkan penyakit yang disebut demensia. Ketika kita tidak bisa fokus atau perhatian kita kemana-mana, ini adalah salah satu tanda bahwa otak kita sudah menua. Masalah ini bisa membahayakan jika kondisi ini dipicu oleh stres secara terus menerus, hal tersebut bisa menyebabkan penuaan dalam kemampuan kognitif (pengenalan kita).

Jika kondisi bertambah serius maka bisa menyebabkan penyakit yang dikenal dengan nama Alzheimer. Apakah kerabat anda sering menyinggung kalau anda menjadi pelupa? Ini mungkin pertanda adanya masalah pada otak anda apalagi jika hal ini terjadi secara konsisten atau terus menerus. Jika anda sering merasa letih di siang hari atau sering tertidur di siang hari hal ini mungkin pertanda kalau otak anda kekurangan oksigen. Hal ini bisa terjadi karena mungkin anda kurang tidur yang berkualitas. Jika ini terjadi secara terus menerus atau dengan kata lain otak kita selalu kekurangan oksigen, hal ini dapat merusak otak anda dan menambah umur otak anda. Ada beberapa langkah yang kita bisa ambil untuk memperlambat bahkan mengembalikan umur otak kita. Ada satu metode diet yang dapat membantu memperbaiki umur otak kita, diet ini dikenal dengan nama MIND.

Pada dasarnya diet ini mendorong seseorang untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau, buah berries, kacang-kacangan, ikan, minyak olive dan bahkan sedikit minuman anggur berakohol (wine). Mereka yang mengikuti metode diet ini diketahui dapat memutar balik umur kognitif otak hampir 7,5 tahun. Menaiki dan turun tangga ternyata juga dapat membantu menjaga otak kita. Menurut penelitian setiap tangga yang kita naiki dapat memutar balik umur otak sebesar 0,58 tahun per anak tangga. Usahakan melakukan aktivitas ini atau aktivitas yang serupa sebanyak 150 menit per minggu. Curhat kepada keluarga dan kerabat yang kita percayai ternyata juga membantu menjaga kesehatan otak. Di saat seseorang curhat diketahui dapat menurunkan level stres orang tersebut sehingga dapat memperlambat penuaan otak anda. Berjalan kaki terutama bagi mereka yang sudah berumur ternyata dapat memperbaiki umur otak anda. Usahakan untuk berjalan 5 kali dalam seminggu.

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah berpikiran positif dan selalu optimis karena hal tersebut diketahui dapat menjaga kesehatan otak dan memperbaiki kemampuan kognitif otak

0 COMMENTS