Food & Nutrition

Kolesterol Baik & Kolesterol Buruk, Menjaga Tingkat Kolesterol Yang Baik

2020-02-10
Ada 2 macam kolesterol yaitu kolesterol baik & kolesterol tidak baik, sebelum kita mengetahui cara menjaga tingkat kolesterol. Apakah itu kolesterol?

Sebagian besar orang pasti tahu menjaga level kolesterol yang baik merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan jantung & kesehatan kita secara umum. Tidak banyak orang tahu kalau ada 2 macam kolesterol yaitu kolesterol baik & kolesterol tidak baik. Tidak banyak orang tahu juga bahwa untuk menjaga tingkat kolesterol yang baik bukan hanya menjaga level kolesterol yang buruk saja tetapi dalam waktu yang sama kita harus meningkatkan kolesterol yang baik. Sebelum kita mengetahui cara menjaga tingkat kolesterol yang baik, kita harus mengerti dulu apakah itu kolesterol.

Pada dasarnya kolesterol itu adalah lemak, lemak ini bisa berasal dari liver kita atau bisa berasal dari berbagai macam makanan & minuman yang kita konsumsi. Jika terjadi penumpukkan lemak ini di saluran darah kita bisa menyebabkan penyumbatan yang dapat berakibat buruk pada jantung, otak atau fungsi tubuh kita lainya. Karena hal ini banyak orang yang sangat kuatir dengan tingkat kolesterol mereka sehingga tidak sedikit yang mencoba menurunkan kolesterol dalam tubuh mereka dengan mengurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang dianggap mengandung kolesterol tinggi. Permasalahan timbul karena tidak banyak orang tahu kalau tingkat kolesterol itu dikalkulasi dengan cara mengurangi kolesterol baik dari total kolesterol (gabungan dari kolesterol yang baik & buruk).

Tidak sedikit orang berusaha menjaga kolesterol dengan mengurangi makanan atau minuman yang dianggap dapat meningkatkan tingkat kolesterol tetapi seperti yang disebutkan sebelumnya tingkat kolesterol adalah gabungan antara kolesterol baik & buruk, jadi selain menurunkan tingkat kolesterol yang buruk di tubuh kita penting juga untuk meningkatkan tingkat kolesterol yang baik di tubuh kita. Kolesterol buruk di tubuh kita seperti disebutkan sebelumnya dapat menyebabkan penyumbatan di tubuh kita yang dapat membawa efek yang buruk, kolesterol yang baik sedangkan dapat menghancurkan penyumbatan yang disebabkan oleh kolesterol buruk. Tidak sedikit orang banyak yang menganggap makanan atau minuman berlemak dapat meingkatkan kolesterol yang buruk sehingga mereka berhenti atau mengurangi konsumsi makanan atau minuman tersebut.

Masalahya adalah tidak semua makanan atau minuman berlemak tidak semuanya mengandung kolesterol buruk, bahkan sebagian makanan atau minuman yang berlemak mengandung banyak kolesterol yang baik. Biasanya untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh, orang akan berhenti mengkonsumsi sama sekali makanan atau minuman seperti daging merah, susu atau mentega. Menurut penelitian dengan mengkonsumsi daging merah sama sekali tidak mempengaruhi tingkat kolesterol dalam tubuh kita, justru daging merah mempunyai fungsi penting dalam menyediakan zat besi untuk tubuh kita, tetapi perlu diingat usahakan untuk selalu mengkonsumsi daging merah dengan kandungan lemak yang rendah & jangan terlalu sering dikonsumsi.

Produk hasil susu (dairy product) sering kali disebut sebagai menjadi penyebab tingginya kolesterol buruk di tubuh kita karena produk tersebut disebut mengandung banyak lemak jenuh. Akhir2 ini ternyata ditemukan bahwa lemak jenuh walaupun bisa meningkatkan kolesterol tetapi belum tentu bisa menyebabkan penyakit jantung atau stroke malah ditemukan juga susu & mentega dapat menambah kolesterol baik di tubuh kita. Jika kita hanya fokus pada mengurangi makanan atau minuman berlemak saja, hasilnya bisa jadi tingkat kolesterol di tubuh kita tetap tinggi. Faktor2 diatas yang sudah disebutkan sebelumnya mungkin menjadi penyebab utama hal ini. Untuk menjaga kolesterol yang baik sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan & minuman yang mengandung banyak kolesterol baik.

Mengkonsumi kolesterol baik penting karena kolesterol baik dapat menghilangkan kolesterol buruk dalam tubuh kita. Untuk itu banyaklah mengkonsumsi makanan seperti ikan yang berlemak, kacang2ngan, sayur2ran & buah2han. Olah raga juga penting untuk menjaga tingkat kolesterol yang baik karena dengan olah raga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh kita.

0 COMMENTS