Food & Nutrition

Nutrisi Sehat Penting Untuk Cegah Tekanan Darah Tinggi

2017-01-26
Nutrisi sehat penting untuk cegah tekanan darah tinggi - Tekanan darah tinggi atau biasa disebut juga sebagai hipertensi saat ini sudah banyak dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia.

Ketika seseorang mengalami tekanan darah tinggi, maka risiko orang tersebut mengalami penyakit jantung atau stroke. Sebenarnya hal ini masih dapat dikondisikan dengan memenuhi nutrisi sehat untuk diet yang dikonsumsi setiap harinya. Selama Anda memenuhi nutrisi yang diperlukan untuk menjaga tekanan darah tinggi, maka bukan tidak mungkin Anda akan terjauh dari risiko tekanan darah tinggi. Lalu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh?

Nutrisi sehat untuk anak jaga tekanan darah tinggi

Fakta yang cukup menarik bila Anda melihat nutrisi sehat yang penting untuk cegah tekanan darah tinggi. Pasalnya, nutrisi-nutrisi tersebut hampir sama dengan nutrisi sehat untuk anak. Berikut ini adalah beberapa nutrisi sehat yang wajib Anda penuhi.

Kalsium – Sebagai nutrisi sehat yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Menariknya, kalsium juga punya manfaat untuk membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Selain itu, kalsium juga mempermudah kontraksi otot, perpindahan respon syaraf, relaksasi, dan pengentalan darah, dimana kesemuanya terkait satu sama lain dengan tekanan darah tinggi. Kalsium sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, terlalu banyak kalsium juga berbahaya, khususnya untuk laki-laki. Pasalnya, kalsium yang berlebih mampu meningkatkan risiko kanker prostat. Untuk memenuhi nutrisi sehat ini, Anda dapat mengonsumsi yogurt, susu, keju, salmon, sarden, hingga sayuran hijau.

PotassiumPotassium adalah nutrisi sehat untuk bayi yang sangat penting dalam menunjang energi sebagai MPASI. Nutrisi sehat untuk diet ini sangat bagus untuk menyeimbangkan cairan tubuh sekaligus menjaga tingkat sodium dalam tubuh agar tidak terlalu tinggi. Kelebihan sodium adalah salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah. Oleh karena itu, potassium sangat penting untuk menyeimbangkan serta menjaga tekanan darah di tingkat yang aman. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa diet sehat yang kaya akan potassium mampu membantu menurunkan tekanan sistolik hingga rata-rata tujuh angka serta tekanan diastolic hingga rata-rata tiga angka. Potassium sangat mudah ditemukan dalam buah-buahan seperti pisang, daging, susu, serta biji-bijian (gandum, lentil, dsb.).

Magnesium – Salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah tinggi adalah kurangnya nutrisi magnesium dalam tubuh. Magnesium sangat penting sebagai pengatur reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, nutrisi ini juga membantu kalsium terlibat dalam kontraksi otot dan pengentalan darah. Tubuh wajib memenuhi kebutuhan magnesium setiap harinya, dengan kebutuhan 420 mg untuk pria dan 320 mg untuk wanita. Bila tidak cukup, maka tubuh akan mengambil magnesium dari tulang untuk mencukupinya. Oleh karenanya, konsumsi magnesium dari bayam, brokoli, biji-bijian, kacang mede, biji bunga matahari, ikan halibut, serta susu bisa jadi pilihan terbaik.

Siapa sangka ternyata nutrisi sehat untuk anak dapat Anda gunakan sebagai nutrisi sehat pencegah tekanan darah tinggi. Selain mencukupi nutrisi sehat tersebut, pastikan juga untuk berolahraga rutin serta istirahat yang teratur. Dengan begitu, usaha Anda untuk menormalkan tekanan darah akan lebih efektif.

0 COMMENTS