Fitness

Cedera yang Sering Terjadi Saat Olahraga Fitness dan Cara Mengatasinya

2017-02-02
Cedera yang sering terjadi saat olahraga fitness dan cara mengatasinya - Fitness di gym merupakan salah satu alternatif olahraga yang cukup banyak dipilih orang-orang.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Sebagai salah satu manfaat olahraga fitness, Anda bisa meningkatkan kemampuan otak karena bertambahnya jumlah oksigen dan serotonin pada otak. Alhasik, pikiran akan semakin jernih sehingga otak mampu mendorong reaksi fisik dan mental secara lebih baik. Belum lagi aliran darah yang semakin lancar sehingga oksigen bisa terdistribusi ke seluruh jaringan otot, membantu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak energi.

Namun, bagi para newbie di dunia fitness, olahraga di gym bisa cukup menantang. Kurangnya pengetahuan tentang penggunaan alat olahraga fitness membuat mereka mudah terkena cedera. Mungkin Anda termasuk salah satunya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda perhatikan dulu cedera apa saja yang sering terjadi saat fitness sebelum Anda pergi ke gym nanti.

Pergelangan Kaki Terkilir

Terkilirnya pergelangan kaki saat fitness kerap terjadi ketika melakukan jogging di atas treadmill. Umumnya, orang-orang kehilangan fokus ketika melakukan hal tersebut sehingga tidak dapat mengikuti pergerakan lintasan treadmill. Terlebih ketika hendak melangkah dari treadmill ketika lintasan masih berjalan. Orang-orang akan melompat sehingga risiko pergelangan kaki terkilir pun meningkat. Kabar baiknya, mayoritas treadmill memiliki penjepit yang bisa dipasangkan dengan pakaian Anda sehingga mesin akan berhenti ketika Anda terjatuh.

Kram pada Otot

Dari sekian banyak bagian tubuh yang ada, perut dan kaki merupakan bagian yang paling sering mengalami kram otot. Waspadalah akan hal ini ketika Anda melakukan fitness di gym. Umumnya, kram otot terjadi ketika bagian tubuh tertentu mendadak terasa kaku dan nyeri akibat kontraksi otot secara mendadak. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kurangnya asupan garam dan air mineral dalam tubuh, pemanasan dan peregangan yang tidak maksimal, hingga mengangkat beban terlalu berat. Jika otot terasa kram di tengah aktivitas fitness, jangan paksakan diri untuk tetap melanjutkan olahraga. Beristirahatlah dan kurangi proporsi latihan pada jadwal fitness selanjutnya.

Punggung Bagian Bawah Terasa Tegang

Punggung bagian bawah mendadak terasa sakit di tengah fitness? Hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa Anda terlalu keras berolahraga, terutama jika Anda senang mengangkat beban-beban berat di gym. Jika hal tersebut terjadi, segeralah berbaring dengan punggung dan kaki yang menempel lantai dalam posisi lurus. Cara ini akan memungkinkan lekuk alami punggung Anda untuk menyerap rasa “kaget” yang muncul selama fitness. Bagi para pengangkat beban pemula, sebaiknya Anda melakukan leg press sebelum mencoba squats.

Olahraga Fitnes yang Benar Agar Terhindar dari Cedera

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa terhindar dari cedera-cedera tersebut? Tentunya dengan menerapkan olahraga fitness yang benar. Selalu lakukan pemanasan ringan sebelum mulai olahraga di gym. Pemanasan akan membantu “membangunkan” otot-otot Anda dan menghasilkan keringat. Pasalnya, tubuh yang berkeringat dapat menjadi indikasi bahwa otot, tulang, tendon, dan ligamen Anda sudah siap berolahraga. Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh agar Anda tidak terserang dehidrasi di tengah-tengah fitness.

Munculnya cedera ketika olahraga, baik saat fitness maupun melakuka jenis olahraga lain, juga bisa dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing diri. Maka, pastikan bahwa olahraga yang Anda lakukan tidak melebihi kapasitas kemampuan diri. Bahkan jika perlu, tidak ada salahnya untuk menyewa personal trainer saat fitness di gym.

0 COMMENTS