Beauty

Menggunakan Pemutih Wajah, Amankah?

2016-10-05
Menggunakan pemutih wajah, amankah? - Menjadi cantik dengan kulit putih bersih mungkin jadi dambaan setiap orang agar tampil lebih mempesona dan percaya diri.

Segala macam cara pun dilakukan, termasuk menggunakan pemutih wajah. Siapa sangka, pemutih wajah, khususnya yang berbahan kimia, ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Apa saja bahaya dari pemutih wajah kimia? Lalu, adakah pemutih wajah yang aman untuk kulit?

Kerugian menggunakan pemutih wajah kimia

Menggunakan pemutih wajah yang mengandung bahan kimia ternyata memberikan dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan kulit wajah. Tidak seperti pemutih wajah tradisional, produk kimia cenderung memberikan dampak yang merusak. Berikut ini adalah beberapa kerugian dalam menggunakan pemutih wajah berbahan kimia.

  • Kulit rentan rusak karena sinar matahari – Krim pemutih biasanya bertujuan untuk mengubah lapisan melanin pada kulit dengan mengurangi kepadatannya sehingga membuat kulit terlihat sedikit lebih cerah. Namun, justru lapisan kulit gelap itulah yang berperan sebagai pelindung alami dari sinar matahari. Ketika dikelupas, risiko kanker kulit juga akan meningkat. Anda pun wajib menggunakan sunscreen di setiap keluar ruangan agar hal tersebut tidak terjadi.
  • Pemutih wajah mengandung bahan kimia berbahaya – Banyak kandungan bahan kimia berbahaya yang menjadi campuran krim pemutih. Vitiligo misalnya, hanya boleh digunakan oleh dermatologis di bawah peraturan dan kondisi perawatan yang ketat. Bahayanya lagi, ada beberapa bahan kimia illegal yang bahkan dilarang untuk dicampurkan kepada jenis kosmetik apapun, seperti steroid dan bleaching agent, bahkan merkuri. Bahan-bahan tersebut akan terserap ke dalam kulit sehingga dapat menipiskan kulit. Selain itu, gejala iritasi dan kemerahan pada kulit wajah juga kemungkinan besar terjadi pada kulit yang sensitif.

Pemutih wajah alami

Pertanyaannya, adakah pemutih wajah yang aman bagi kulit? Jawabannya: tentu ada. Bahkan Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa pemutih wajah alami yang dapat Anda coba khasiatnya.

  • Yogurt – Yogurt merupakan produk susu yang mengandung banyak nutrisi dan baik untuk kulit. Ada kandungan asam laktat yang dapat memutihkan wajah. Ambil dua sendok makan yogurt dan campurkan dengan tiga sendok makan oatmeal serta 1 sendok teh perasan lemon. Campurkan semua bahan secara merata kemudian balurkan ke kulit wajah dan leher. Tunggu hingga 15 menit atau hingga masker kering, kemudian basuh dengan air hangat. Lakukan hal ini setiap hari selama beberapa minggu untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Jeruk – Vitamin C adalah pemutih wajah alami yang wajib Anda coba. Salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C adalah jeruk. Untuk membuat masker jeruk, campurkan dua sendok perasan jeruk dengan sejumput kunyit bubuk. Basahi kapas dalam campuran tersebut, kemudian usapkan ke wajah. Tunggu hingga 20-30 menit, baru bilas. Lakukan hal ini setiap hari sekali.
  • Madu – Madu juga mampu memutihkan sekaligus melembabkan kulit. Kulit kering sering jadi salah satu penyebab warna kulit yang tidak rata. Cukup oleskan madu murni ke wajah Anda, kemudian tunggu hingga beberapa saat. Cuci masker madu dengan air hangat. Selain sebagai pemutih wajah tradisional, madu juga dapat membersihkan sel kulit mati.

Itulah ulasan singkat mengenai pemutih wajah yang aman untuk kulit wajah. Alangkah baiknya bila Anda menghindari penggunaan pemutih wajah kimia agar kesehatan kulit terjaga dengan baik. Ingatlah bahwa kesehatan kulit adalah yang paling utama, bukan tampilan kulit Anda. Kulit yang sehat akan membawa tampilan kulit wajah yang berseri.

0 COMMENTS