Others

Penebalan Jantung

2018-07-02
Dalam dunia kesehatan, penyakit jantung merupakan penyakit yang disebut-sebut sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Ada berbagai macam jenis penyakit jantung salah satunya yaitu “Hypertrophic cardiomyopathy”.

Salah satu jenis penyakit jantung yang jarang diketahui ini, umum dikenal dengan nama penebalan otot jantung. Penyakit ini disebabkan oleh adanya kelainan pada sel jantung atau adanya faktor keturunan. Penyakit ini termasuk dalam kategori penyakit yang tidak umum dialami. Diperkirakan 1 dari 500 orang diduga mengalami kondisi ini (British Heart Foundation Website).

Penyakit ini sering ditemukan pada orang yang berusia lanjut, namun tidak terbatas pada orang lanjut usia saja, penyakit ini juga sering ditemukan pada atlet muda (Dr Jantung.com). Akhir-akhir ini, banyak info mengenai atlet bola di usia muda yang meninggal akibat serangan jantung. Dilihat dari hasil pemeriksaan kesehatan sekilas tampak sehat, tetapi setelah diselidiki lebih lanjut ternyata mereka mengalami kelainan jantung yang menyebabkan adanya penebalan jantung.

Lalu, apa yang harus kita lakukan jika mengalami kondisi tersebut? Sayangnya kondisi ini tidak bisa disembuhkan. Tindakan yang bisa dilakukan hanya dengan  mengontrol dan mencegah agar tidak terjadi serangan jantung mendadak. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya kita mengetahui apa saja ciri-ciri dari penebalan jantung sebagai berikut:

  1. Sesak nafas
  2. Sakit pada bagian dada (angina)
  3. Detak jantung yang lebih cepat atau tidak teratur
  4. Sering merasa pusing dan pingsan

Jika kita mengalami salah satu kondisi tersebut, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Deteksi dini sangatlah penting untuk terhindar dari kematian mendadak. Selain itu, dengan memiliki gaya hidup yang lebih sehat dan pemeriksaan regular dari dokter ahli maka penderita kondisi ini dapat hidup dan beraktivitas normal (patient website).

0 COMMENTS