Others

Pengalaman Pertama Operasi yang Dibius Total

2018-02-15
Waktu pertama kali saya didiagnosa mengidap penyakit batu empedu, dokter bilang harus diangkat. Tanpa pikir panjang, saya langsung meng-iya-kan karena memang udah sakit banget.

Karena jadwal operasi jam 12 siang dan harus puasa selama 8 jam, akhirnya saya sudah bangun subuh-subuh untuk sarapan dulu. Setelah itu saya baru kepikiran soal operasi. Kemarin  dokter sempat bilang kalau operasinya cuma dengan sayatan 2 cm di bagian pusar dan bagian kanan perut. Nama teknik operasi itu disebut kolesistektomi laparoskopik. Tapi walau cuma sayatan kecil, operasi akan berjalan dengan anastesi total, alias saya nggak akan sadar selama operasi yang katanya berlangsung selama 2-4 jam.

Dulu saya pernah nonton di Youtube tentang orang yang dianastesi terus ngigo-ngigo nggak jelas. Saya takut banget kalau sampai kejadian begitu, lebih tepatnya sih malu kali ya. Tapi yang lebih parah, tiba-tiba saya keinget sama beberapa film yang pernah saya tonton tentang operasi. Ada yang pingsan tapi sebenarnya bisa ngerasain dan ada yang tiba-tiba kebangun pas lagi operasi. Waduh, saya jadi tegang dan memutuskan buat tidur aja deh.

Saat udah di kamar operasi, saya tegang banget dan kayaknya muka saya keliatan banget tegangnya, sampe semua dokter dan perawat nanya ke saya, “pertama kali operasi ya? tenang aja, abis dioperasi sakitnya ilang kok.” Saya cuma senyum aja, mereka pasti seringlah ya dapet pasien yang seperti saya.

Setelah obat anastesi bekerja, saya langsung seperti tidur nyenyaaaak banget. Saya nggak inget atau ngerasain apa-apa sama sekali. Waktu buka mata say udah ada di kamar pemulihan. Tapi rasanya seperti sadar nggak sadar gitu. Sampe akhirnya kira-kira butuh 2 jam buat saya sadar total. Puji Tuhan apa yang saya takutin nggak kejadian hehe…

Saya pasti nggak sendirian punya ketakutan seperti ini bukan? Ada yang punya pengalaman seperti saya?

0 COMMENTS