Others

Penting Banget, Ini Manfaat Tidur Untuk Tubuh Kita

2022-03-07
Ketika seseorang tidur, maka fungsi badan mereka terlihat terhenti atau tidak melakukan aktivitas sama sekali.

Namun, pada kenyataannya adalah sama hal nya seperti makan & minum, tidur memiliki fungsi yang sangat penting bagi semua makhluk hidup termasuk manusia. Pada saat seseorang tidur, sebenarnya banyak sekali aktivitas yang dilakukan tubuh kita. Otak & badan seseorang ketika telah tidur umumnya melakukan aktivitas penting seperti melakukan regulasi hormon tubuh, memperbaiki sel tubuh yang rusak & mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain melakukan aktivitas penting tersebut, otak manusia pada saat tidur juga melakukan aktivitas penting seperti memilah ingatan (memori), mempelajari keterampilan baru & memberikan pandangan yang kreatif untuk menghadapi suatu masalah. Dengan adanya alasan inilah mendasari bahwa bayi tidur lebih lama dari balita.

Menurut penelitian, umumnya bayi tidur mencapai 14-17 jam dalam satu hari, atau dengan kata lain mereka lebih lama tidur dibandingkan bangun. Proses tidur ini mengajarkan bayi tersebut tentang berbagai macam keteranpilan & membantu bayi tersebut agar tumbuh dengan baik. Semakin bertambah umur seseorang maka rata-rata waktu tidur pun berkurang tetapi sebaiknya seseorang bisa tidur 8-9 jam dalam satu hari agar mereka mendapatkan tidur yang optimal. Hal yang penting untuk diingat adalah walaupun seseorang bisa mendapatkan tidur 8-9 jam sehari, maka kualitas tidur pun juga patut diperhatikan. Tanda paling umum, jika tidur seseorang kurang berkualitas adalah, ketika bangun justru mereka terasa lebih letih atau tidak berasa istirahat. Jika seseorang mendapatkan tidur yang cukup & berkualitas biasanya mereka akan merasa & terlihat lebih segar.

Dan menurut survei yang dilakukan, mengatakan bahwa orang yang mendapatkan istirahat yang cukup akan tampak jauh lebih menarik. Selain itu jika seseorang mendapatkan tidur berkualitas yang cukup, maka hal tersebut dapat meningkatkan kinerja mereka, dalam bersekolah maupun dalam bekerja. Untuk mendapatkan tidur berkualitas yang cukup, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah membuat jadwal tidur yang harus diterapkan setiap hari. Sebagai contoh, jika seseorang menetapkan untuk rutin tidur pukul 22.00 malam setiap hari nya,maka pastikan selalu mengikuti jadwal itu. Minimalisir untuk mengkonsumsi kopi & berhenti bermain dengan gadget setidaknya 1 jam sebelum jam tidur dapat membantu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

0 COMMENTS