Beauty

Pentingnya Kolagen Bagi Tubuh Kita

2022-05-05
Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan diusung dapat membuat seseorang terlihat lebih muda, kolagen sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Apakah sebenarnya kolagen itu? Benarkah kolagen bisa memperbaiki kulit kita ditambah lagi dapat membuat kita lebih muda. Kolagen adalah suatu protein yang mengatur kelenturan dan elastisitas untuk sendi dan kulit seseorang. Kolagen dapat ditemukan di dalam tulang, otot dan darah kita. Semakin kita berumur biasanya kolagen akan berkurang atau rusak selain itu semakin sulit untuk tubuh kita membuat kolagen yang baru makanya semakin kita berumur kulit terlihat berkeriput yang disebabkan kulit tersebut kehilangan kelenturan dan elastilitas.

Untuk memproduksi kolagen tubuh kita memerlukan beberapa hal antara lain proline yang dapat ditemukan di putih telur, produk susu (dairy), kol dan jamur. Glycine adalah komponen lain yang diperlukan untuk memproduksi kolagen dan dapat ditemukan di kulit binatang seperti babi atau ayam dan makanan yang kaya dengan kandungan protein. Vitamin C juga sangat penting untuk produksi kolagen dan dapat ditemukan di buah citrus seperti jeruk dan sayuran seperti paprika. Zinc yang dapat ditemukan pada daging binatang seperti sapi, domba, babi, udang dan produk susu seperti susu dan keju juga penting untuk memproduksi kolagen. Kompanen terakhir yang dibutuhkan adalah cooper (kuningan) yang dapat ditemukan pada daging jeroan, kacang mede dan kacang wijen.

Jika melihat hal yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen sebetulnya kita bisa mendapatkan hal tersebut di makanan atau minuman kita sehari-hari atau lebih tepatnya pada makanan yang tergabung di 4 sehat 5 sempurna. Permasalahannya adalah bagi sebagian orang atas alasan untuk hidup lebih sehat atau mau terlihat lebih kurus sering mengurangi makanan yang penting buat kolagen sehingga kulit bisa terlihat lebih cepat keriput dan terlihat lebih tua karena kulit kita kehilangan kelenturan dan elastisitas lebih cepat dari seharusnya.

Selain membuat kulit kita terlihat sehat ternyata kolagen membawa banyak keuntungan lainya antara lain membantu menjaga tubuh kita agar selalu sehat, menjaga tulang kita terutama pada saat kita berumur dimana biasanya tulang kita menjadi mudah retak, kolagen juga dapat membantu pertumbuhan rambut dan menjaga rambut untuk tetap sehat terutama bagi wanita yang mulai kehilangan rambut di hari tua, menjaga kuku agar tetap sehat dan mengurangi rasa sakit bagi mereka yang mengalami osteoarthritis. Jika memang kolagen membawa banyak keuntungan bagi tubuh kita dan sewajarnya kolagen akan berkurang dengan bertambahnya umur, bagaimana caranya kita mendapatkan dan mempertahankan kolagen baru di tubuh kita? Atas dasar ini lah diciptakan suplemen kolagen untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Menurut para ahli jika seseorang yang membutuhkan terutama mereka yang sudah berumur mengonsumsi suplemen kolagen maka mereka bisa mendapatkan semua keuntungan dari kolagen seperti saat mereka muda terutama bisa membuat mereka terlihat lebih muda. Walaupun mengonsumsi suplemen kolagen banyak membawa keuntungan dan menurut mengonsumsi suplemen tersebut sangat aman tetapi kita tetap harus memperhatikan risiko yang mungkin timbul dari mengonsumsi suplemen tersebut. Walaupun efek samping sangat jarang menurut para ahli sebaiknya bagi mereka yang sedang menyusui menunda mengonsumsi suplemen tersebut.

0 COMMENTS