Fitness

Pentingnya Melatih Core

2019-06-17
Tubuh manusia memiliki banyak otot salah satunya adalah core. Apa itu core?

Pada dasarnya core adalah otot perut yang mencakup semua otot yang berada di sekitar pantat (trunk) dan selangkangan (pelvic). Dengan melatih otot-otot tersebut akan membuat otot pada selangkangan (pelvis), bagian belakang bawah, pinggul dan perut untuk bekerja sama dengan baik. Sehingga dapat  memperbaiki keseimbangan dan stabilitas dalam bidang olahraga atau kehidupan sehari hari.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan? Dengan melakukan olahraga maka otot pada core akan lebih kuat. Jangan khawatir harus menggunakan peralatan mahal, karena latihan ini dapat dilakukan dengan sederhana tanpa perlu menyita waktu yang lama.

Biasanya jika membahas mengenai cara menguatkan otot perut maka gerakan yang terbayang adalah gerakan sit up. Namun masih banyak orang melakukan sit up dengan cara yang tidak tepat sehingga bukan saja otot core tidak terlatih melainkan menyebabkan salah urat atau luka pada otot tulang belakang. Pada saat melakukan sit up pastikan otot core terlatih serta fokus pada kualitas sit up bukannya pada kuantitas atau jumlah yang bisa dilakukan.

Gerakan lain yang banyak dilakukan adalah gerakan plank. Perlu diingat, untuk mencapai hasil yang efektif, posisi belakang seseorang harus dalam posisi rata. Seringkali sebagian orang melakukan kesalahan gerakan plank dengan posisi pantat lebih tinggi atau tidak rata.

Salah satu gerakan yang baik tetapi mungkin belum banyak diketahui orang untuk menguatkan core adalah gerakan bridge. Gerakan tersebut dimulai dengan berbaring di lantai tanpa menaikkan pinggul atau menekan belakang tubuh di lantai. Setelah posisi awal sudah benar maka mulailah untuk mengangkat pinggul kita sampai pinggul, dengkul dan pundak rata. Kemudian sebisa mungkin mempertahankan posisi tersebut tanpa merusak bentuk yang benar.

Seperti disebutkan sebelumnya, jika core seseorang dalam kondisi baik maka dapat meningkatkan performa olahraga. Contohnya dapat dilihat dari pemain golf. Jika pemain golf memiliki core yang kuat maka akan membantu mereka untuk memperbaiki ayunan/swing mereka. Hal ini terjadi dikarenakan core yang kuat dapat memberikan pondasi yang baik pada pemain golf.

Selain pemain golf, contoh lainnya dapat dilihat dari seorang pelari. Jika pelari memiliki core yang kuat maka seorang pelari tidak mudah merasa letih sehingga bisa bertahan lari lebih lama dan mengurangi luka pada saat berlari.

Selain itu core yang kuat mencegah postur yang buruk, cedera otot dan dapat mengurangi sakit pinggang. Core yang kuat juga dapat memperbaiki penampilan kita karena biasanya orang dengan core yang kuat mempunyai perut yang ramping dan berotot.

Untuk mendapatkan core yang kuat dapat mencoba olahraga core yang sudah disebutkan di atas dalam kegiatan olahraga Anda. Agar mendapatkan hasil yang diharapkan pastikan untuk selalu fokus dan melakukannya secara rutin dibandingkan melakukannya hanya sesekali namun berlebihan.

0 COMMENTS