Others

Pentingnya Memahami Virus Corona

2020-03-31
Saat ini dunia gempar dengan adanya virus yang menyerang kota Wuhan.

Sebelumnya sudah banyak penyakit berbahaya yang berkembang dan menyebar seperti SARS, MERS, Ebola. Sebenarnya apa yang menyebabkan virus yang menggemparkan ini bisa timbul dan menyebar dengan begitu pesat? Berdasarkan medicalnewstoday.com, virus dapat menular dari satu orang ke orang yang lainnya dan juga bisa menular dari ibu ke anaknya melalui sentuhan, air liur, cairan tubuh (termasuk air ketuban), batuk atau bersin. Sedangkan virus corona cara penularannya berasal dari droplets yang biasanya berasal dari batuk atau bersin.

Virus yang timbul dari Wuhan ini sebenarnya bukanlah virus baru melainkan berasal dari virus yang sudah ada ribuan tahun yaitu virus Corona. Virus inilah yang menyebabkan penyakit seperti common cold, H1N1, influenza hingga penyakit berbahaya seperti SARS dan MERS. Virus ini juga yang menimbulkan penyakit baru yang berasal dari Wuhan atau lebih umum dikenal dengan Novel Coronavirus (Virus Corona Baru/ Covid-19). Sebetulnya gejala yang disebabkan oleh virus corona baru atau yang biasa disebut Covid-19 ini bukanlah sesuatu yang baru, influenza juga memiliki gejala dan komplikasi mematikan yang juga sama. Ciri-ciri Covid-19 dan influenza juga mirip, dimana cara penularannya sangatlah mudah dan dapat menyebabkan komplikasi kepada saluran pernafasan yang umum dikenal dengan nama pneumonia.

Virus ini bisa menular kepada semua orang dari anak kecil sampai orang tua namun lebih beresiko tinggi jika menular pada orang tua, orang dengan masalah kesehatan seperti diabetes, asma, darah tinggi, masalah ginjal dan masalah pernafasan lainnya. Golongan rentan inilah yang jika terinfeksi dengan Covid-19 bisa mengarah kepada komplikasi serius bahkan dapat menyebabkan kematian. Hal yang bisa menyembuhkan virus ini adalah “waktu”. Waktu yang dimaksud adalah dimana daya tahan tubuh seseoranglah yang akan menyembuhkan dan proses ini membutuhkan waktu.

Hal yang satu-satunya bisa dilakukan adalah pencegahan untuk menghindari terjangkitnya virus. Tindakan sederhana seperti mencuci tangan yang benar menggunakan sabun, menutup mulut jika bersin atau batuk dengan tisu dan menjauhkan/mengisolasi diri ketika sakit atau menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh terhindar dari virus.

Saat ini belum ada vaksin yang bisa diberikan kepada semua orang untuk mencegah virus ini. Untuk sementara ini sebaiknya selalu menjaga kesehatan tubuh, olahraga, makan-makanan bergizi lengkap dan meminum suplemen vitamin terutama vitamin C agar tubuh memiliki imunitas yang baik. Hal yang penting untuk diingat terutama bagi mereka yang masih muda adalah menjauhkan diri dari keramaian atau jika memungkinkan bekerja dari rumah karena tidak semua memiliki gejala saat sudah terjangkit virus ini. Kondisi yang berbahaya adalah jika seseorang terutama yang masih muda bisa terjangkit virus tanpa gejala apapun dan menjadi pembawa/carrier virus. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menularkan kepada lebih banyak orang terutama mereka yang beresiko tinggi.

Dengan mengkarantina diri saat mulai merasa ada gejala ringan lalu beraktivitas di rumah saja dengan mengikuti anjuran WHO dan pemerintah diharapkan dapat terhindar dari Covid-19. Hal ini tentunya diperlukan kerjasama dari semua pihak agar kondisi ini segera pulih. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap waspada.

0 COMMENTS