Others

Pentingnya Perawatan Kulit Bagi Laki-laki

2020-04-14
Pada umumnya perawatan kulit dilakukan oleh perempuan.

Lalu apakah laki-laki tidak perlu melakukan perawatan? Bagi sebagian besar laki-laki merawat kulit biasanya hanya sebatas mencuci wajah dengan sabun wajah biasa atau yang mengandung charcoal (arang). Padahal, merawat kulit tak hanya sebatas itu. Kulit laki-laki juga perlu dirawat dan dijaga dengan baik. Hal pertama yang paling penting bagi laki-laki yang sering beraktivitas di luar rumah atau yang gemar olahraga ada dengan memakai tabir surya (sunblock). Dengan memakai tabir surya hal ini akan menjaga kulit dari noda matahari dan dapat melindungi dari bahaya kanker kulit penyebab sinar matahari yang berlebihan. Hal selanjutnya yang harus diakukan untuk menjaga kulit adalah mencuci wajah 2 kali sehari, di pagi dan malam hari. Tak hanya itu, memilih jenis facial wash atau sabun cuci muka juga penting, karena sabun yang baik bagi kulit adalah yang mengandung pelembab (moisturizer) sehingga tidak menyebabkan kulit menjadi kering.

Selain itu pemilihan produk mencukur jenggot dan kumis juga perlu diperhatikan. Sayangnya sebagian besar laki-laki tidak mau repot sehingga ritual mencukur jenggot dan kumis hanya mencakup menggunakan mesin cukur atau mencukur dengan krim atau gel cukur praktis yang biasanya di kemas di dalam kaleng. Hal inilah yang seringkali menyebabkan iritasi dan membuat kulit wajah kering. Iritasi biasanya terjadi setelah mencukur, karena jika kumis atau jenggot menempel pada kulit kemudian dicukur maka pisau cukur akan menggores kulit kita (razor burn) termasuk jika menggunakan mesin pencukur. Untuk menghindari hal ini sebaiknya menggunakan krim atau gel cukur terlebih dahulu.

Memilih krim atau gel cukur yang benar juga merupakan hal yang penting. jika menggunakan krim atau gel yang dijual dalam kaleng sering kali mengandung alkohol dan mengandung banyak udara sehingga tidak bisa membuat bulu kumis atau jenggot tegak saat proses pencukuran. Penggunaan gel lebih cocok untuk kulit yang sensitif karena lebih efektif dan biasanya tidak mengandung pewangi yang dapat menimbulkan iritasi pada hidung. Penggunaan after shave juga penting karena dapat memperbaiki kulit yang kering atau rusak akibat proses mencukur. Pilihlah produk after shave yang mengandung pelumas dari bahan-bahan natural agar menjaga kulit dari iritasi serta mengandung vitamin E, B5 dan mengandung pewangi yang menenangkan namun tidak terlalu menyengat.

Hal-hal yang disebutkan di atas merupakan cara dasar untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit bagi laki-laki. Jika ingin lebih focus, bisa mengikuti beberapa langkah lebih lanjut seperti memakai chemical exfoliator untuk membersihkan kulit mati pada muka dan mencegah timbulnya jerawat. Kemudian penggunaan serum wajah untuk melembabkan atau masker untuk membantu membersihkan pori-pori wajah. Karena pada prinsipnya, perawatan kulit bagi laki-laki juga termasuk hal yang cukup penting untuk dilakukan.

0 COMMENTS