Beauty

Kenali Penyakit Kulit Herpes dan Gejalanya yang Mungkin Timbul

2016-12-26
Kenali penyakit kulit herpes dan gejalanya yang mungkin timbul - Herpes kerap kali dikaitkan dengan cacar air karena sebagai penyakit kulit, keduanya memiliki kondisi yang mirip.

Beberapa orang lain mengatakan bahwa herpes merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh aktivitas hubungan seksual secara tidak sehat.

Apa sebenarnya penyebab herpes dan gejala-gejala yang muncul jika seseorang menderita penyakit tersebut?

Mengenal Penyakit Herpes pada Kulit

Secara umum, herpes terbagi menjadi dua jenis, yakni herpes zoster dan herpes simpleks. Herpes zoster inilah yang kerap disamakan dengan cacar air karena virus penyebabnya pun sama, yakni virus Varicella Zoster (VZV). Penyakit ini bahkan disebut juga dengan cacar ular. Namun, biasanya herpes zoster ini hanya menyerang sebagan badan, misalnya muncul gelembung-gelembung air hanya pada punggung sebelah kiri. Gelembung tersebut akan kempis dengan sendirinya dan dalam waktu 2-3 minggu, kulit akan mengering dan mengelupas.

Sedangkan, herpes simpleks disebabkan oleh aktivitas hubungan seksual yang tidak sehat. Biasanya, penyakit ini muncul pada bibir dan alat kelamin penderita. Karena penyebabnya tersebut, herpes simpleks juga kerap disebut dengan istilah herpes genital. Penderita herpes genital akan mengalami gatal-gatal, mengeluarkan nanah atau kotoran dari alat kelamin, dan merasa sakit saat buang air kecil.

Gejala Penyakit Kulit Herpes

Karena artikel ini fokus pada penyakit herpes kulit, maka selanjutnya herpes zoster lah yang akan dibahas. Gejala herpes zoster biasanya muncul dalam beberapa tahap. Sebelum ruam muncul, berikut adalah gejala-gejala yang kerap dirasakan penderita:

  • Geli dan datal pada bagian tubuh yang akan keluar ruam.
  • Rasa panas dari dalam tubuh. Gejala satu ini juga masih akan terasa setelah ruam muncul.
  • Sakit pada bagian-bagian sendi.
  • Demam
  • Sakit kepala

Setelah ruam muncul dalam bentuk bintik-bintik merah kecil, akan muncul air di dalam bintik-intik tersebut dan melebar ke bagian tubuh sekitarnya. Meski awalnya cairan timbul dalam warna bening, lama-lama akan menjadi keruh. Perlu diingat pula bahwa herpes tidak hanya menyerang orang dewasa. Penyakit  kulit herpes pada anak juga sangat mungkin terjadi.

Pencegahan Penyakit Kulit  Herpes

Seperti yang disebutkan di atas, herpes zoster merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Agar tidak terkena penyakit herpes pada kulit, tentu Anda harus menjauhi virus tersebut. Anda bisa melakukan beberapa pencegahan berikut:

  • Melakukan vaksin untuk mencegah terinfeksi virus VCV.
  • Umumnya, seorang tidak akan terserang herpes zoster apabila belum pernah mengalami cacar air. Jadi, jika belum pernah mengalami cacar air, usahakan untuk tidak berdekatan dengan penderitanya.
  • Menghindari sentuhan atau kontak langsung dengan penderita herpes zoster. Sentuhan atau kontak langsung merupakan salah satu media penularan.
  • Selalu menjaga sistem kekebalan tubuh agar virus susah menginfeksi tubuh Anda.

 

Jika saat ini Anda sedang menderita herpes zoster, sering-seringlah mencuci tangan agar penyakit tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Jangan lupa membagian tulisan di atas kepada orang-orang terdekat agar mereka bisa terhindar dari penyakit herpes pada kulit.

0 COMMENTS