Psychology

Kenali Penyebab Insomnia yang Sering Disepelekan Banyak Orang

2016-12-30
Kenali penyebab insomnia yang sering disepelekan banyak orang - Apakah Anda mengalami susah tidur di malam hari? Meskipun sudah berbaring di tempat tidur dan memejamkan mata, tetapi tetap saja tidak bisa terlelap.

Ini adalah gejala insomnia yang umum dialami oleh siapa saja. Jika dibiarkan, insomnia akan memicu obesitas serta penyakit lainnya. Agar tidak semakin berkembang menjadi kebiasaan buruk, kenali penyebab terjadinya insomnia sehingga Anda bisa mengatasinya.

Penyebab Terjadinya Insomnia

  1. Stres dan Depresi

Adanya masalah yang sedang dihadapi, baik berkaitan dengan pekerjaan atau masalah rumah tangga secara tidak sadar akan membuat Anda terus memikirkannya hingga berlarut-larut. Akibatnya, pikiran tidak bisa rileks dan tidur pun menjadi susah. Perasaan tidak tenang dan gusar akan membuat Anda tetap terjaga. Stres dan depresi ini juga merupakan faktor umum penyebab insomnia pada ibu hamil.

  1. Kebiasaan dan gaya hidup

Kebiasaan begadang di malam hari lama-kelamaan bisa menyebabkan insomnia. Pekerjaan menumpuk yang menuntut untuk diselesaikan paginya, acara televisi yang membuat Anda harus begadang, atau pergi keluar dengan teman-teman hingga larut malam adalah contoh manajemen waktu yang kurang baik yang dapat membuat Anda tidur lewat jam sepuluh malam. Jika sesekali tidaklah masalah, tetapi jika hal ini dilakukan berulang-ulang dan menjadi kebiasaan maka dapat membuat Anda terjangkit insomnia.

  1. Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Adalah rahasia umum bahwa kopi dapat mengurangi rasa kantuk sehingga kopi pun bisa menjadi penyebab terjadinya insomnia. Hindari minum kopi di sore hari karena bisa membuat Anda susah tidur di malamnya. Hindari makan terlalu banyak saat makan malam. Memang rasa kenyang dapat membuat Anda mengantuk dan cepat tidur, tetapi ini akan membuat Anda terbangun di tengah malam.

  1. Penyakit Kronis dan Alergi

Selain beban psikologis seperti depresi dan stres, penyakit kronis seperti sakit punggung, asam lambung naik, dan nyeri sendi yang menyakitkan, bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur karena harus menahan rasa sakit. Selain itu, rasa gatal yang disebabkan karena alergi juga bisa menjauhkan Anda dari rasa nyaman karena harus menggaruknya terus-menerus.

Cara Mengatasi Insomnia

  1. Usahakan pikiran dalam keadan rileks. Jika sedang ada masalah dan Anda sulit menyelesaikannya, cobalah untuk bercerita kepada orang yang tepat untuk mencari solusi. Merenungkan sesuatu boleh-boleh saja, tetapi jangan berlebihan dan cobalah untuk mencari sudut pandang lain dari masalah yang dihadapi.
  2. Cobalah untuk mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Jika Anda harus lembur kerja, boleh-boleh saja tetapi jangan setiap hari. Usahakan untuk segera membersihkan diri dan tidur jika jam sudah menunjukkan pukul tujuh malam. Anda bisa menonton televisi, tetapi tahan diri Anda untuk tidak keterusan hingga lewat jam sepuluh malam.
  3. Makan malamlah dengan porsi wajar dan beri jeda minimal satu jam setelah makan baru Anda bisa berbaring di tempat tidur. Minum kopi juga tidak masalah, tetapi sebaiknya minimal tujuh jam sebelum jam tidur Anda, yaitu di siang hari.
  4. Hindari makanan yang dapat memicu alergi. Jika Anda sangat ingin memakannya dan tidak bisa menahan diri, maka siapkan obat anti alergi untuk mengatasi rasa gatal setelahnya sehingga Anda bisa segera tidur lelap. Begitu juga dengan asam lambung, jauhi makanan yang mengandung asam tinggi dan bisa memicu peroduksi gas berlebih di lambung.
  5. Perbanyak olahraga agar otot dan tulang lebih rileks sehingga Anda terbebas dari rasa sakit punggung atau otot. Olahraga selain melancarkan aliran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh, juga bisa membuat Anda merasa lebih ceria sehingga akan mengurangi tingkat stres.

 

Sekarang Anda sudah tahu apa saja faktor penyebab insomnia dan cara mengatasinya. Langkah selanjutnya adalah Anda harus segera menyudahi insomnia yang Anda alami, karena jika dibiarkan terus-meneurus akan semakin parah. Tidur di malam hari sangat diperlukan oleh tubuh sebagai proses pemulihan energi dan pikiran sehingga insomnia akan mengacaukan semua itu.

0 COMMENTS