Psychology

Hilangkan Perasaan Gelisah dengan Cara Mudah Ini

2016-10-05
Hilangkan perasaan gelisah dengan cara mudah ini - Ketika hati merasa gelisah, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman dengan kehidupan Anda. Bahkan Anda mungkin bingung bagaimana cara menghilangkan perasaan gelisah tersebut.

Jangan salah, Anda merupakan satu dari jutaan orang di dunia yang merasakan perasaan yang sama. Lalu, apakah sebenarnya perasaan gelisah itu? Bagaimana seseorang dapat mengatasi perasaan gelisah?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara mengatasi perasaan gelisah, penting bagi Anda untuk memahami arti perasaan gelisah. Perasaan gelisah adalah keadaan dimana seseorang merasa tidak nyaman secara berlebihan. Biasanya keadaan ini diikuti dengan perilaku yang kompulsif serta serangan panik yang menjadi-jadi.

Perasaan gelisah biasanya dialami dengan beberapa gejala. Merasa tidak nyaman dengan lingkungan adalah gejala utamanya. Biasanya, hal ini akan diikuti dengan sulit tidur, keringat dingin di bagian telapak kaki dan tangan, serta nafas yang tersengal. Selain itu, jantung berdegup kencang padahal tidak melakukan pekerjaan berat. Sebagian orang bahkan merasa mual hingga mati rasa atau rasa nyeri di bagian telapak tangan dan kaki. Meski kebanyakan perasaan gelisah terjadi karena berbagai sebab, kemungkinan perasaan gelisah tanpa sebab pun juga bisa saja muncul pada seseorang.

Cara mengatasi perasaan gelisah

Bila gejala-gejala tersebut muncul pada diri Anda, saat itulah Anda harus menghilangkan perasaan gelisah tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan perasaan gelisah.

  • Mengambil nafas panjang – Anda perlu rileks, baik mental maupun fisik. Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengambil nafas panjang sedalam mungkin. Bernafas panjang dapat mengaktifkan respon tubuh terhadap relaksasi. Cobalah untuk bernafas perlahan dengan menarik nafas selagi menghitung angka 1-4 dalam hati hingga perut dan dada terisi udara. Tahan nafas tersebut selama 4 hitungan, kemudian lepaskan perlahan dengan 4 hitungan juga.
  • Sadari bahwa Anda merasa gelisah – Selalu ingat bahwa gelisah hanyalah perasaan, seperti perasaan lain. Mengingatkan diri bahwa Anda merasa gelisah akan membantu Anda menghilangkan perasaan gelisah. Menerima perasaan gelisah penting karena sering kali ketika Anda berusaha dengan keras melawan dan menolak perasaan tersebut, justru malah memperburuk keadaan. Meski begitu, menerima perasaan gelisah bukan berarti Anda menyukainya atau menyerah dengan keadaan tersebut. Intinya adalah mengetahui bahwa perasaan gelisah hanyalah sebuah perasaan dan dapat Anda kendalikan dengan baik.
  • Gunakan visualisasi yang menenangkan – Bila kecemasan datang melanda setiap hari, cobalah untuk melakukan meditasi secara rutin yang nantinya akan bermanfaat ketika Anda merasa gelisah di kemudian hari. Cukup bayangkan bahwa Anda berada di pinggir sungai, atau di area taman kesukaan, atau padang rumput hijau yang luas, atau di pantai yang indah. Rasakan Anda melihat dedaunan yang mengalir di aliran sungai yang lembut, atau awan yang melambai di atas langit. Gunakan emosi, pikiran, serta sensasi Anda pada daun atau awan tersebut dan lihat mereka melayang. Perasaan gelisah tanpa sebab pun dapat hilang dengan cara ini.
  • Fokus dengan saat ini – Sering kali orang yang merasa gelisah terlalu terobsesi dengan sesuatu yang mungkin terjadi di masa depan. Cobalah untuk berhenti sejenak, bernafas, dan kenali lingkungan sekitar yang terjadi saat ini. Meski Anda dalam keadaan yang benar-benar serius, fokus dengan momen saat ini akan meningkatkan keahlian Anda untuk mengendalikan situasi.

Kecemasan dapat dihilangkan dengan cara yang mudah. Diharapkan, dengan mengatahui cara mengatasi perasaan gelisah di atas, Anda dapat mengatur kehidupan Anda menjadi lebih baik dari sekarang.

0 COMMENTS