Beauty

Bahan Perawatan Kulit yang Wajib Anda Hindari

2016-12-28
Bahan perawatan kulit yang wajib anda hindari - Mayoritas orang ingin memiliki penampilan menarik. Mereka pun menggunakan berbagai produk perawatan kulit demi mewujudkan hal tersebut.

Sayangnya, tidak semua produk perawatan kulit bersifat aman karena bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya. Apa saja bahan-bahan kimia tersebut?

Bahan Berbahaya dalam Produk Perawatan Kulit

Waspadai beberapa bahan berbahaya berikut ini dan segera cek produk-produk perawatan kulit Anda. Pastikan agar tidak ada zat-zat kimia ini terkandung dalam bahan pembuatannya.

Formaldehyde

Penelitian yang dilakukan oleh International Agency on Research on Cancer menunjukkan bahwa formaldehyde merupakan zat pemicu kanker. Zat kimia ini kerap dicampur dalam produk perawatan kulit sebagai antiseptik. Umumnya, formaldehyde terdapat dalam cat kuku, sabun mandi, dan eye shadow.

Phthalates

Ketika Centers for Disease Control (CDC) melakukan uji kelayakan phthalates, beberapa tipe phthalates ternyata mampu berdampak buruk pada sistem reproduksi. Pasalnya, phthalates sebenarnya lebih lazim digunakan untuk perekat, bahan bangunan, dan pestisida. Jika diaplikasikan pada kulit, phthalates dapat menyebabkan keracunan pada organ, gangguan endokrin, hingga kanker.

EDTA

EDTA merupakan singkatan dari Ethylenedemine and Tetraacetic Acid. Efeknya dapat menyebabkan masalah pada saluran air dalam tubuh karena EDTA dapat memindahkan sedimen logam berat. EDTA kerap ditemukan pada produk perawatan kulit wajah dan bisa menyebabkan iritasi kulit serta berdampak buruk pada janin ddan ginjal.

Paraben

Paraben banyak digunakan oleh industri kecantikan untuk memperpanjang masa simpan produk. Sayangnya, dalam setiap penelitian yang dilakukan, hasilnya selalu menunjukkan bahwa paraben dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti keracunan pada kulit, perubahan biokimia pada tubuh, gangguan reproduksi, hingga merangsang kanker payudara.

Propylene Glycol

Mayoritas produk perawatan kulit kering mengandung bahan satu ini karena propylene glycol kerap digunakan untuk melembapkan kulit. Padahal, propylene glycol umumnya menjadi bahan utama pada minyak rem dan pelarut dalam industri plastik. Jika digunakan pada kulit, efeknya bisa menyebabkan kerusakan permanen.

 

Cara Perawatan Kulit yang Tepat

Rutin merawat kulit menggunakan produk-produk tertentu memang baik selama tidak ada zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya. Namun, hal tersebut bukan satu-satunya cara perawatan kulit yang bisa Anda lakukan.

Selalu bersihkan makeup – Tidak hanya rajin mengaplikasikan makeup setiap pagi, Anda juga harus rajin membersihkannya. Jika tidak, pori-pori Anda akan tersumbat sisa kotoran yang menempel dan jerawat bisa muncul.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh – Minum air mineral secara cukup tidak hanya menghindarkan Anda dari dehidrasi, tetapi juga mampu membantu membuat kulit Anda terasa lebih segar dan kencang.

Sesuaikan produk perawatan dengan jenis kulit – Sebagai tips perawatan kulit, jangan lupa untuk selalu menyesuaikan produk perawatan yang digunakan dengan jenis kulit Anda. Umumnya, produk perawatan berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering dan produk perawatan berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak.

Konsumsi makanan kaya antioksidan – Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan adalah bayam, brokoli, dan buah delima.

 

Mulai sekarang, pastikan bahwa produk-produk perawatan kulit yang Anda gunakan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya di atas. Lalu, lakukan perawatan kulit sesuai dengan tips yang telah dijelaskan. Semoga kulit Anda selalu sehat dan terlihat menawan!

0 COMMENTS