Beauty

Bahan Perawatan Rambut Rontok yang Wajib Dihindari

2016-12-29
Bahan perawatan rambut rontok yang wajib dihindari - Hair styling seperti catok, mewarnai rambut, dan bahkan penggunaan hair dryer sehari-hari pun bisa menjadi pemicu rambut rontok.

Suhu panas dari hair styler dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh sehingga lebih mudah lepas dari akarnya. Bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mengecat rambut juga bisa membuat rambut kehilangan kelembaban alami dan nutrisinya. Salah satu cara perawatan untuk rambut rontok adalah dengan menghindari bahan-bahan kimia berbahaya.

Bahan-Bahan yang Berbahaya untuk Rambut

Untuk mengatasi hal ini, cara perawatan rambut rontok yang banyak diminati adalah menggunakan produk sampo dan kondisioner. Cara ini memang praktis, tapi apakah aman untuk rambut Anda? Bahan-bahan tertentu pada produk perawatan untuk rambut rontok ada yang justru bisa merusak rambut. Coba cek kembali apakah produk yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan berbahaya berikut ini.

  1. Sodium laurel/laureth sulfate (SLS). Bahan ini banyak digunakan pada sampo. SLS bisa membuat rambut kering sehingga justru akan memicu kerontokan. Jika sampo yang Anda gunakan mengandung bahan ini, segera ganti jika tidak ingin rambut Anda kering dan rusak.
  2. Isopropyl alcohol. Bahan yang satu ini bisa menyerap minyak di setiap helai rambut sehingga rambut pun akan kehilangan kelembapan alaminya. Pada orang tertentu dengan kondisi yang sensitif, menghirup isopropyl alcohol bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, mual, dan bahkan koma. Zat ini biasanya terdapat pada gel rambut, hair spray, dan volumizer.
  3. Proplyene glycol. Bahan kimia yang stau ini juga banyak terdapat di produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, cat rambut, dan styling gel. Proplyene glycol mampu membuat rambut berkilau dan lembut dengan memecah protein alami rambut dan struktur sel. Jika dipakai secara terus-menerus, zat yang satu ini  bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

 

Perawatan Rambut Rontok Secara Alami

Untuk menghindari risiko kerusakan rambut yang semakin parah, ada alternatif lain perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami. Perawatan rambut rontok secara alami relatif lebih aman, karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang justru dapat membahayakan kondisi rambut.

Merawat rambut rontok secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki enzim yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Ditambah dengan sifatnya yang basa, gel lidah buaya akan menyeimbangkan pH rambut dan kulit kepala sehingga bisa mencegah bakteri dan kuman berkembang biak. Caranya cukup mudah. Ambil lidah buaya yang sudah dicuci bersih lalu belah bagian tengahnya. Gosokkan gel ke kulit kepala sambil dipijat lembut. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Cara perawatan rambut rontok ini sebaiknya dilakukan setiap dua hari sekali sampai rambut rontok berkurang drastis.

 

Perawatan Rambut Rontok Secara Alami dari Dalam

Merawat rambut rontok tak cukup dari luarnya saja, harus diimbangi dengan perawatan dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bisa mengautkan rambut, terutama yang mengandung asam amino seperti kuning telur. Perbanyak sayuran yang mengandung zat besi seperti bayam juga diperlukan.

 

Memang banyak produk perawatan untuk rambut rontok yang dijual di pasaran. Setelah mengetahui bahan-bahan yang berbahaya untuk rambut, mulai sekarang Anda bisa lebih cermat memilih sampo, kondsioner, dan masker untuk rambut rontok yang terbaik untuk kulit Anda. Jangan sampai produk yang Anda gunakan justru menimbulkan masalah baru pada rambut Anda. Perbanyak juga minum air dan makanan bernutrisi untuk mempercepat proses penguatan rambut.

0 COMMENTS