Mom & Kids

Mengenal Pertumbuhan Fisik Anak Usia 2-10 Tahun

2016-10-13
Mengenal pertumbuhan fisik anak usia 2-10 tahun - Ketika anak berusia 0 sampai 2 tahun, mungkin Anda akan melihat fisiknya tumbuh dengan cepat.

Tetapi ketika anak memasuki usia 2 tahun, maka pertumbuhan fisiknya akan sedikit lambat jika dibandingkan dengan usia sebelumnya. Pertumbuhan tinggi badan dan juga berat badan juga tidak akan naik turun secara cepat. Banyak orang tua yang sudah tidak terlalu memperhatikan perkembangan ketika anaknya berumur lebih dari 2 tahun, karena mereka mengira anaknya sudah tumbuh dengan baik. Padahal ketika diusia 2 tahun sampai 10 tahun, perkembangan fisik, kognitif dan juga motorik harus tetap dipantau karena jika ada yang tidak beres orang tua bisa langsung bisa melakukan tindakan.

Sekarang kita akan membahas bagaimana sebenarnya pertumbuhan fisik anak usia 2-10 tahun yang baik. Jika orang tua melihat adanya perkembangan fisik yang lambat, orang tua bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk melihat apakah ada gejala fisik yang mengalami keterlambatan. Nah sekarang kita akan membahas satu per satu ya.

Pertumbuhan fisik anak usia dini

  • 2-4 tahun

Pada saat anak berumur 2 tahun, anak sudah mempunyai kemampuan motorik yang sangat bagus. Dirinya sudah bisa naik turun tangga sendiri, berlari, berdiri dengan satu kaki sampai menendang bola. Anak juga mampu berdiri tegak setelah terjatuh atau bermain guling-gulingan dengan temannya atau keluarganya. Ketika anak berumur 4 tahun, dirinya sudah mulai menyukai beberapa permainan fisik, seperti sepakbola, basket ataupun bersepeda roda tiga.

  • 5-6 tahun

Untuk anak diusia 5 tahun, seharusnya dirinya sudah bisa untuk membuat keterampilan sendiri. Menggunting kertas, membuat mainan sendiri dan juga menulis di atas kertas. Ketika sudah berumur 6 tahun, seharusnya anak sudah bisa mengendarai sepeda roda dua sendiri, mengikat tali sepatu sampai bisa mengerti beberapa jenis olahraga. Mulai dari sepakbola, basket ataupun baseball.

  • 7-10 tahun

Di dalam usia ini, anak akan mulai mengalami pubertas. Suaranya akan mulai agak membesar dan giginya akan mulai tanggal satu per satu. Pada usia 7 tahun, anak seharusnya sudah memiliki kesukaan, entah itu bermain bersama teman, menggambar atau bermain sepakbola. Coba terus dampingi anak agar anak bisa mengetahui apa sebenarnya kegemaran serta bakatnya.

Ketika di usia 10 tahun, rambut di bagian kemaluan dan ketiak akan mulai muncul dan untuk wanita biasanya akan mulai menstruasi. Sedangkan untuk kemampuan koginitf, anak berusia 10 tahun mulai bisa mengasah kemampuan olahraga dan pintar dalam mengolah kata.

Ketika Anda sudah mengetahui apa saja perkembangan fisik dari anak usia 2 sampai 10 tahun. Anda akan tahu apakah anak Anda sedang mengalami keterlambatan fisik atau tidak. jika ternyaa anak Anda mengalami keterlambatan fisik, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jadi kesimpulannya adalah orang tua harus terus memantau bagaimana perkembangan anaknya walaupun sudah menginjak usia remaja sekalipun

0 COMMENTS