Mom & Kids

Plasticity pada Pertumbuhan Anak

2019-07-29
Plasticity pada Pertumbuhan Anak

Sebagai orangtua tentunya menikmati setiap momen perkembangan pada anak. Seperti momen plasticity pada anak. Apakah yang dimaksud plasticity? Plasticity pada pertumbuhan anak adalah Fase dimana seseorang dapat mempelajari sesuatu tanpa harus diajarkan dengan sistem pengajaran yang terstruktur tanpa perlu bantuan guru atau sekolah. Dikatakan oleh dokter spesialis tumbuh kembang anak bahwa plasticity merupakan tahap penting dimana anak dapat mempelajari keahlian dasar seseorang seperti berbicara pada usia 1- 6 tahun. Maka tidak heran jika anak bisa berbicara atau mengerti 2 bahasa dikarenakan orangtuanya atau lingkungannya menggunakan 2 bahasa.

Beberapa ahli dalam autism menggunakan teori ini untuk menekankan pentingnya terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus di usia 1 - 6 tahun karena seorang anak akan lebih cepat menyerap pelajaran yang diberikan. Bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa ABK yang belum bisa berbicara atau berkomunikasi setelah usia 5 – 6 tahun maka selamanya tidak akan bisa berbicara atau berkomunikasi seperti anak umumnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fase setelah masa plasticity adalah fase dimana seorang anak memerlukan pelajaran yang terstruktur atau dengan kata lain harus diajarkan dengan cara yang dimengerti anak. Hal tersebut juga bisa diterapkan kepada ABK yang sedang belajar berbicara atau komunikasi.

Atas dasar fakta ini, sebagai orangtua sangatlah penting untuk rutin berkonsultasi dengan dokter spesialis tumbuh kembang anak sejak anak tersebut lahir. Hal tersebut diperlukan untuk mengetahui tumbuh kembang anak apakah mengalami tanda-tanda khusus untuk pengobatan fisik atau bantuan terapi mental seperti terapi untuk autism. Diharapkan jika masalah seperti autism sudah diketahui lebih awal maka terapi akan bisa dilaksanakan pada masa plasticity sehingga pelajaran akan lebih mudah diserap oleh ABK. Sebagai orangtua perlu diingat bahwa teori plasticity ini tidak bisa diterapkan ke semua anak atau ABK. Jika hal ini terjadi, maka diharapkan untuk tidak panik karena pada akhirnya semua anak dapat belajar dalam waktunya masing-masing termasuk ABK.

Plasticity pada Pertumbuhan Anak

0 COMMENTS