Food & Nutrition

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Dalam Pola Hidup Sehat

2016-09-21
Pentingnya pemenuhan nutrisi dalam pola hidup sehat - Tak banyak orang yang tahu tentang pentingnya pemenuhan nutrisi dalam pola hidup sehat.

Bahkan, mereka cenderung abai dalam memilih makanan sehat, apalagi yang bernutrisi. Yang penting perut kenyang dan enak dikunyah. Padahal, nutrisi seimbang perlu untuk mengatur pola hidup sehat. Jangan kaget bila banyak dari mereka yang mengalami obesitas atau bahkan kanker akibat radikal bebas dari makanan kurang sehat dan nutrisi. Lalu, apa pentingnya memenuhi nutrisi dalam pola hidup sehat?

Berikut Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Dalam Pola Hidup Sehat : 

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan tepat antara lemak, kolesterol, dan sodium akan menurunkan risiko penyakit jantung yang sering menimpa orang-orang dengan obesitas. Tipe lemak dalam makanan sehari-hari berperan besar terhadap risiko kesehatan seseorang. Menimbunnya lemak di tubuh membuat pembuluh darah menyempit sehingga kinerja jantung jadi semakin berat.

Lemak tak jenuh serta lemak transgenik adalah dua jenis lemak yang harus dibatasi konsumsinya, khususnya untuk orang-orang dengan obesitas. Jenis lemak tersebut sangat sering ditemukan di daging merah, gorengan, minyak kelapa, margarin, hingga makanan ringan dalam kemasan. Oleh karenanya, makanan seperti ini harus dihindari. Alangkah baiknya bila makanan tersebut diganti dengan buah dan sayur untuk mengurangi jumlah lemak yang Anda makan dalam sehari.

Menguatkan tulang dan gigi

Nutrisi wajib dalam pola hidup sehat selanjutnya adalah kalsium. Makanan yang mengandung banyak kalsium akan membantu menguatkan tulang dan gigi serta mencegah pengeroposan tulang yang mengakibatkan osteoporosis. Produk susu yang rendah lemak seperti susu, keju, dan yogurt; sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli dan sawi; serta makanan olahan seperti produk kedelai, jus buah, hingga sereal sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari.

Kebutuhan kalsium usia 19-50 tahun setiap harinya adalah 1.000 miligram. Hal ini dapat Anda penuhi dengan dua gelas susu di pagi dan malam hari. Lengkapi pemenuhan kalsium dengan mengonsumsi vitamin D yang berfungsi mempercepat tubuh menyerap kalsium.

Menjaga energi

Mengatur nutrisi makanan pada pola hidup sehat juga berpengaruh terhadap peningkatan stamina tubuh. Kesalahan yang paling fatal terjadi pada banyak orang ketika menjaga energi adalah dengan makan banyak karbohidrat. Padahal, kesalahan ini yang justru membuat kandungan gula dalam darah semakin besar. Akibatnya, karbohidrat yang tidak berubah menjadi energi malah menumpuk menjadi lemak.

Sebaliknya, justru makan sering namun dalam porsi kecil justru menjadi salah satu cara untuk mempertahankan asupan energi sepanjang hari. Mulailah dari sarapan sehat seperti oatmeal dengan buah atau sandwich sederhana, makan siang dengan nasi dan sayur, serta makan makam lengkap dengan susu. Selama makan teratur dan dalam porsi yang tepat, Anda tak perlu lagi mengandalkan diet untuk mengontrol berat badan.

Menjaga kesehatan otak

Nutrisi yang tepat mampu menambah aliran darah menuju otak, melindungi sel otak dari kerusakan, hingga membantu mencegah penyakit alzheimer. Menjaga nutrisi otak sangat penting untuk Anda yang lebih sering bekerja menggunakan otak. Untuk menjaga kesehatan otak, hindari makan-makanan yang digoreng. Pilihlah makanan yang dipanggang, dikukus, dan dibakar.

Selain itu, makanlah buah dan sayur berwarna gelap seperti kale, bayam, brokoli, anggur, blueberry, hingga buah ceri. Selain itu, kacang-kacangan seperti almond, walnut, hingga kacang tanah adalah sumber vitamin E yang dapat membantu melawan gejala Alzheimer.

Itulah beberapa hal mengenai pentingnya pemenuhan nutrisi dalam pola hidup sehat. Jangan pernah beranggapan bahwa hidup sehat hanya perlu olahraga teratur dan sering. Ketahuilah bahwa nutrisi makananlah yang akan membantu tubuh untuk tumbuh dan berkembang sehingga kesehatan dapat terjaga dan terpola dengan baik.

0 COMMENTS