Others

Rutinitas untuk Mengurangi Stres dan Depresi

2020-08-19
Bagi sebagian besar orang aktivitas yang bersifat rutin atau monoton merupakan kegiatan yang membosankan dan merupakan kegiatan yang rasanya jika bisa memilih pasti tidak ingin dilakukan

Kegiatan seperti belajar, bekerja, melakukan pekerjaan rumah atau berolahraga contohnya. Mereka yang melakukan kegiatan yang monoton harus belajar dan membiasakan diri karena kegiatan seperti bekerja tentunya dilakukan dengan tujuan untuk menafkahi diri dan keluarga, atau seperti berolahraga dilakukan demi menjaga kesehatan. Meskipun bagi sebagian besar dari mereka pasti ada keinginan untuk tidak melakukannya.

Di sisi lain ada sebagian orang yang memerlukan kegiatan rutin untuk mengurangi stres atau untuk mengendalikan level stres. Hal itu dilakukan karena kegiatan rutinitas memberikan rasa kendali pada hidup mereka. Sebagai contoh orang yang hidup dengan autis memerlukan kegiatan yang rutin untuk memberikan rasa kendali pada hidup mereka. Jika mereka tidak mempunyai rasa kendali maka hal ini bisa membuat mereka depresi dan mengalami apa yang biasa disebut “tantrum”. Bagi mereka yang tidak hidup dengan autis, pekerjaan rutin juga bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Sedangkan seseorang yang tidak mempunyai pekerjaan yang rutin biasanya mengalami stres, gangguan tidur dan makan serta kondisi fisik yang terganggu.

Pekerjaan rutin atau rutinitas menjadi sangat penting jika seseorang merasa bimbang dan tidak yakin harus berbuat apa, terutama di masa pandemi COVID-19 ini banyak orang yang merasa bimbang, terisolasi dan kehilangan rutinitas karena mereka tidak dapat bekerja atau sekolah yang dapat menyebabkan kelelahan mental. Dengan adanya pekerjaan rutin yang bisa dilakukan setiap hari ini maka diharapkan dapat mengurangi level stres dikarenakan sebelumnya selalu ada aktivitas yang mengisi hari mereka sehingga seseorang tidak memiliki pikiran yang tidak-tidak atau jenuh dengan kehidupannya.

Sebelum memulai pekerjaan rutin pada kehidupan sehari-hari ada baiknya seseorang membuat rencana atau jadwal aktivitas setiap minggu. Ada beberapa contoh dari pekerjaan rutin yang dapat dilakukan dalam satu hari, seperti:

Olahraga Teratur

Alokasikan waktu dalam sehari untuk berolahraga. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat ataupun lama. Cobalah mulai dari sesuatu yang mudah seperti berjalan kaki setiap hari selama 20 menit atau bersepeda statis selama 30 menit. Diharapkan dengan melakukan kegiatan ini dapat memberikan waktu kepada otak kita untuk beristirahat dari stresnya bekerja atau belajar.

Istirahat yang Cukup

Usahakan tidur yang cukup setidaknya 8 jam setiap harinya. Anda dapat membuat jadwal seperti tidur setiap hari antara jam 9-10 malam dan bangun jam 5-6 pagi. Selain kesehatan akan terjaga, Anda pun akan memiliki jadwal tetap yang bisa disesuaikan dengan jadwal tidur setiap harinya.

Makan Sehat dan Teratur

Sebaiknya seseorang dijadwalkan dapat makan 3 kali dalam satu hari. Jadwalkan jarak yang cukup antara makan pagi, makan siang dan makan malam. Sebagai contoh, jadwalkan makan pagi setelah bangun tidur supaya Anda memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas sampai siang hari. Kemudian pada jam 12 siang biasanya seseorang memakai waktu ini untuk makan, istirahat dari bekerja dan menyiapkan tenaga untuk kembali bekerja sampai sore hari. Untuk jam makan malam siapkan jarak waktu yang cukup dengan waktu tidur sehingga tidak mengganggu pencernaan yang dapat berakibat mengganggu waktu tidur. Selain itu dengan memberikan jarak yang cukup antara waktu tidur dengan makan malam bisa mencegah kenaikan berat badan.

Menjaga Hubungan dengan Sesama dan Keluarga

Sisihkan waktu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga seperti bermain dengan anak atau berbincang dengan anggota keluarga lainnya. Di zaman pandemi ini bersosialisasi sangatlah sulit tetapi cobalah menyisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau teman via telepon atau video call. Sedangkan untuk membantu dalam hal pekerjaan atau pelajaran cobalah membuat grup via video call agar dapat bersama-sama menyelesaikan pekerjaan.

Melakukan Aktivitas yang Disukai

Menyisihkan waktu untuk melakukan aktivitas yang disukai seseorang sangatlah penting untuk kesehatan mental. Aktivitas yang bisa dilakukan sangatlah beragam tergantung masing-masing individu, misalnya bermain game, membaca atau menonton TV. Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan dan beragam untuk menghindari kejenuhan.

Belajar Keahlian atau Hobi Baru

Sisihkan waktu untuk belajar keahlian atau hobi yang baru. Hal ini selain membantu mengatasi kejenuhan juga bisa membantu dalam pekerjaan seseorang. Misalnya dengan mempelajari bahasa baru seseorang dapat berkomunikasi dengan klien dari negara lain, atau dengan belajar memasak siapa tahu bisa menjual hasil masakan sebagai penghasilan tambahan, dan banyak contoh lainnya.

Jika dijadwalkan dengan rapih, seluruh aktivitas yang sudah disebutkan diatas dapat membuat seseorang tidak bingung dengan apa yang harus dilakukan pada hari itu. Hal ini sangat penting bagi orang yang mudah bimbang dan mudah depresi. Dengan adanya pekerjaan/jadwal rutin ini dapat mencegah kejenuhan dan terhindar dari pikiran negatif. Selain itu kesehatan lebih terjaga, kinerja meningkat dan hubungan sosial pun berlangsung baik.

0 COMMENTS