Fitness

Gejala Sakit Bahu yang Wajib Anda Perhatikan

2016-12-22
Gejala sakit bahu yang wajib anda perhatikan - Pekerjaan tertentu yang mengharuskan Anda untuk duduk selama berjam-jam di depan layar monitor dapat membuat seluruh otot kaku.

Hal ini disebabkan karena tubuh kurang gerak. Biasanya, bagian yang rawan mengalami pegal-pegal adalah area leher hingga punggung. Tak hanya kaku dan pegal, jika dibiarkan terus-menerus, bahu akan mengalami rasa sakit. Apakah Anda termasuk salah satu yang mengalami tulang bahu sakit?

Ketahui apa saja gejala sakit bahu sehingga Anda bisa segera mengatasinya.

Penyebab Tulang Bahu Sakit

Sakit bahu tak selalu dialami di kedua sisi, bisa salah satu sisi saja. Yang paling umum terjadi adalah sakit bahu sebelah kanan. Sakit bahu sebelah kanan disebabkan karena posisi duduk yang salah sehingga otot-otot di sekitar leher dan bahu menjadi kaku dan tegang. Perbaiki posisi duduk Anda dan perhatikan sudut jarak pandang dengan layar monitor. Atur hingga Anda menemukan posisi yang nyaman, tidak terlalu mendongak ataupun menunduk.

Selain posisi duduk, posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan tulang bahu sakit. Apakah Anda pernah mengalami tulaang di sekitar bahu terasa pegal saat bangun tidur? Ini bisa jadi Anda tidur dengan posisi yang salah dalam jangka waktu yang lama. Berganti-gantilah posisi tidur, jangan tidur dalam posisi yang sama terlalu lama agar otot bisa rileks dan tidak terjepit. Jika Anda mulai dengan tidur dengan miring ke kanan, maka usahakan untuk berganti posisi miring ke kiri di tengah waktu tidur Anda.

Selain dua faktor di atas, rasa nyeri pada area bahu juga bisa disebabkan ada yang tidak beres dengan sendi bahu. Apakah Anda suka berolahraga tanpa melakukan pemanasan? Jika iya, maka sakit sendi bahu yang Anda alami bisa jadi disebabkan karena hal ini. Tidak melakukan pemanasan pada saat berolahraga dapat membuat otot dan sendi mengalami cedera. Kurangnya pemanasan saat berolahraga ditambah dengan aktivitas monoton berupa duduk di depan layar monitor seharian, akan memperburuk nyeri sendi ini. Segera kunjungi dokter untuk meminta obat pelemas otot dan pereda nyeri sendi. Selain itu, Anda juga harus lebih rajin berolahraga setiap hari dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu

Gejala Sakit Bahu Menunjukkan Adanya Penyakit Tertentu

Apakah Anda pernah mengalami, ketika menggerakkan bahu, bahu Anda mengeluarkan suara seperti retakan? Suara tersebut bisa berasal dari pergerakan sendi yang kurang stabil karena adanya cedera pada jaringan otot dan tulang. Selain itu, rasa sakit yang tak tertahankan di daerah bahu dan pundak yang hampir Anda alami di setiap harinya, menunjukkan adanya luka di daerah bahu, baik itu tulang maupun persendian. Di tahap yang lebih parah, bahkan Anda merasa sangat susah untuk mengangkat tangan ataupun menoleh ke samping kanan dan ke kiri. Ini bermula dari otot yang kaku tetapi tetap dibiarkan terus-menerus. 

Sakit bahu adalah gangguan wajar yang hampir pernah dialami oleh setiap orang. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda pun bisa mengantisipasinya. Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami sakit bahu ini, jangan dibiarkan. Sebaiknya Anda lebih aktif bergerak agar otot dan sendi di area bahu tidak semakin kaku. Anda juga bisa segera mengonsultasikannya ke dokter. Semoga bermanfaat. 

0 COMMENTS