Food & Nutrition

Sayur Kale dan Manfaatnya Bagi Tubuh

2016-09-22
Sayur Kale dan Manfaatnya Bagi Tubuh - Pernahkah Anda mendengar soal sayuran bernama kale? Mungkin Anda hanya pernah melihatnya di televisi atau hanya sekedar tahu dari internet.

Kale terkenal sebagai salah satu jenis sayuran yang paling sehat sedunia. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kale sangat lengkap. Lantas, apa sebenarnya kale? Bagaimana manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Kale atau kubis daun sebenarnya merupakan sayuran sejenis kubis. Kale memiliki warna hijau, terkadang ungu, namun tidak memiliki kepala di tengah bagian. Inilah yang membedakan kale dengan kubis. Sayuran ini berasal dari daratan Eropa dan sudah ditanam sejak abad pertengahan. Di masa Perang Dunia II, kale menjadi sayuran yang paling sering ditanam di kawasan Inggris. Ini karena kale sangat mudah ditanam serta tahan terhadap serangan cuaca musim dingin sekalipun.

Kale dianggap sebagai sayuran paling sehat sedunia. Di dalamnya terdapat banyak nutrisi, mulai dari berbagai vitamin, mineral, hingga kandungan protein tinggi. Ini kenapa kale memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur kale yang wajib Anda ketahui.

Mencegah kanker

Kale memiliki kandungan antioksidan yang cukup besar, bahkan dua dari tiga antioksidan terbesar di dunia terdapat di dalamnya, yakni vitamin C dan beta-karoten (turunan vitamin A). Ketika Anda mengonsumsi secangkir kale, Anda sudah memenuhi 206% kebutuhan vitamin A dan 134% vitamin C dalam sehari.

Antioksidan berfungsi untuk menangkal kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, termasuk kanker. Tubuh Anda pasti terpapar oleh banyak molekul radikal bebas setiap harinya melalui udara yang tercemar serta racun dalam makanan dan minuman. Akibatnya, kerusakan sel tak bisa dihindari. Kerusakan ini berimbas pada penyakit jantung, kanker, hingga katarak. Bahkan, kerusakan sel yang disebabkan oleh oksidasi ini menjadi salah satu faktor utama penyebab penyakit syarah seperti Parkinson dan Alzheimer.

Makanan detoks

Salah satu manfaat kale yang paling utama adalah sebagai detoksifikasi alami. Kale tak hanya mampu menyingkirkan racun, melainkan juga menghilangkannya dari dalam tubuh. Ini karena komponen dalam kale yang bernama isothiocyanates (ITC) yang terbentuk dari glucosinolates. Senyawa itulah yang akan membantu proses detoksifikasi pada tubuh.

Senyawa ITC sangat kuat untuk melawan racun dan radikal bebas. Racun dari lingkungan sekitar, termasuk makanan olahan, polutan, pestisida, dan obat-obatan mampu meningkatkan racun dalam tubuh serta menambah risiko terkena penyakit. Maka dari itu, mengeluarkan racun dari dalam tubuh adalah pekerjaan yang sangat penting. Pertama, racun akan dihancurkan oleh antioksidan, kemudian dihilangkan dengan glucosinolates.

Menyehatkan jantung

Kandungan antioksidan serta anti-inflammatory dalam kale adalah paduan yang sempurna untuk membantu menyehatkan jantung. Selain itu, kandungan vitamin K dan vitamin E yang banyak di dalam kale sangat berguna untuk membantu jantung bekerja lebih optimal. Kandungan vitamin dalam kale efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol serta meningkatkan rasio HDL:LDL hingga 27 persen.

Membantu perkembangan otak anak

Tak hanya untuk orang dewasa, kale juga bermanfaat untuk anak-anak bahkan ketika masih dalam kandungan. Kale merupakan sumber asam folat yang sangat melimpah. Ibu hamil yang mengonsumsi kale secara rutin akan mencegah kelainan pada kelahiran serta mendukung kelahiran dengan bobot bayi yang ideal, pembentukan selubung syaraf yang sehat, serta perkembangan jantung dan wajah yang ideal.

Sudah tahu apa itu kale dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Dengan mengetahui manfaat sayur kale pada kesehatan, diharapkan Anda dapat memilih makanan bernutrisi yang tepat sehingga mampu menerapkan pola hidup sehat di setiap hari-hari Anda.

2 COMMENTS

ADMIN
Posted on

test

  • reply
ADMIN
Posted on

test 2

  • reply