Beauty

Seberapa Sering Sebaiknya Mencuci Rambut

2019-07-29
Seberapa Sering Sebaiknya Mencuci Rambut

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu perawatan. Perawatan yang paling mudah dilakukan adalah mencuci rambut atau keramas. Namun, apakah selama ini kita sudah mencuci rambut di waktu yang tepat? Ada banyak pendapat mengenai seberapa seringnya mencuci rambut, sebagian mengatakan mencuci rambut sebaiknya 2 kali dalam seminggu. Ada pula yang mengatakan selang seling hari.

 

Alasannya adalah untuk kesehatan rambut agar terlihat lebih indah atau menghindari kerontokan rambut. Sebelum membicarakan lebih lanjut sebaiknya kita mengetahui lebih banyak mengenai cara kerja rambut atau kulit kepala. Pada setiap kepala manusia terdapat kelenjar yang bernama sebaceous. Kelenjar ini dikenal dengan nama sebum yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak yang melembabkan dan menjaga kulit kepala atau rambut kita. Jika seseorang mengalami rambut berminyak hal tersebut biasanya terjadi karena sebum sedang melakukan pekerjaanya untuk menjaga kesehatan kulit kepala atau rambut. Namun, efek negatif dari fungsi sebum yaitu jika terlalu banyak minyak di rambut maka akan menyebabakan jerawat di kulit kepala. Penggunaan shampoo dan conditioner adalah cara untuk menghilangkan kumpulan sebum di kepala, sehingga semua minyak di kepala hilang. Penggunaan conditioner pun diperlukan untuk melembabkan kembali kulit kepala tanpa menyebabkan efek berminyak.

 

Lalu seberapa seringkah seharusnya kita mencuci rambut? Untuk tujuan kesehatan rambut atau kesehatan kulit kepala yang harus kita pastikan adalah kulit kepala atau rambut mendapatkan minyak (sebum) yang cukup, jangan sampai berlebihan sehingga menyebabkan jerawat atau masalah kulit kepala lainnya yang dapat membuat rambut rontok atau rusak.

 

Pada dasarnya jika rambut terasa terlalu berminyak hal yang sebaiknya dilakukan yaitu mencuci rambut, begitupula sebaliknya jika rambut sedang terasa kering sebaiknya tidak mencuci rambut. Mandi dengn air yang tidak terlalu panas juga dapat mencegah keringnya kulit kepala atau rambut, terutama bagi penderita eczema di kulit kepala. Untuk keindahan atau fashion rambut jawabannya akan lebih sulit dikarenakan disesuaikan dengan model rambut yang diinginkan. Sebagai contoh untuk laki-laki yang ingin rambutnya mengembang atau mengincar volume, sebaiknya tidak terlalu sering mencuci rambut. Beberapa orang menyarankan sebaiknya tidak mencuci rambut lebih dari 2 kali dalam seminggu.

 

Untuk mengetahui jawaban yang lebih tepat sebaiknya konsultasikan dengan dermatologist atau ahli rambut. Selain itu konsumsi makanan yang tepat juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Dengan begitu diharapkan kita dapat memiliki rambut yang sehat dan terlihat indah untuk waktu yang lama.

Seberapa Sering Sebaiknya Mencuci Rambut

0 COMMENTS