Fitness

Tips Mengembalikan Semangat Olahraga

2016-10-04
Tips mengembalikan semangat olahraga - Berolahraga memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin kadang menjadi salah satu hal yang paling sulit dilakukan.

Sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan semangat olahraga. Dengan demikian, Anda akan terpancing untuk selalu berolahraga secara rutin. Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam menumbuhkan semangat olahraga?

Tentukan tujuan utama Anda

Satu hal yang sering dilupakan oleh banyak orang ketika mulai berolahraga rutin adalah menentukan tujuan utama ketika berolahraga. Banyak orang yang hanya ingin ikut-ikutan teman demi menjaga gengsi. Sebaiknya jangan lakukan olahraga bila Anda hanya ingin menjaga gengsi. Lebih baik Anda menentukan tujuan sendiri, menurunkan berat badan atau membentuk badan misalnya. Dengan demikian, Anda juga menjaga semangat olahraga setiap saat.

Selalu pantau kemajuan olahraga Anda

Cara yang satu ini sangat efektif dalam meningkatkan semangat olahraga. Ketika Anda memantau kemajuan olahraga Anda, tentu Anda secara tidak sadar ingin lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelumnya. Hal ini justru semakin membuat Anda kembali semangat dalam berolahraga. Buatlah catatan-catatan sederhana dalam buku catatan atau jurnal olahraga online. Anda juga dapat memfoto perubahan tubuh Anda dari minggu ke minggu. Dengan begitu, Anda akan semakin bersemangat dalam berolahraga.

Melewatkan jadwal berolahraga itu wajar

Berolahraga rutin memang sepatutnya dilakukan setiap hari. Namun bila sesekali Anda melewatkan jadwal berolahraga, maafkan diri Anda sendiri. Mungkin saat itu Anda lelah atau ada acara. Hal ini akan membuat Anda semakin siap untuk menerima kebiasaan baru, bukan lantas menjadikannya alasan untuk menyerah dan berhenti berolahraga.

Mencari motivasi semangat olahraga

Mungkin saat ini Anda telah kehilangan motivasi semangat olahraga. Hal ini tentu akan semakin membuat jadwal berolahraga Anda semakin terulur. Akibatnya, Anda akan merasa malas. Oleh karena itu, carilah sendiri motivasi tersebut. Anda dapat mencarinya bersama teman misalnya. Ajak teman Anda untuk bersama-sama berolahraga dan berjuang meraih tujuan yang sama. Persaingan di antara Anda dan teman Anda akan semakin sengit sehingga Anda yang tidak mau kalah tentu akan terus melakukan yang terbaik demi kemajuan bersama. Persaingan yang sehat tentu tidak akan merugikan siapa pun.

Jadilah fleksibel

Waktu bukan halangan untuk melakukan olahraga. Mungkin Anda menganggap bahwa pergi ke gym butuh waktu 30 menit bermacet-macet di jalan. Melelahkan. Kenapa tidak melakukannya di rumah dengan bantuan video latihan saja? Di YouTube banyak video latihan yang cocok untuk berolahraga rutin. Bila malam hari Anda terlalu lelah untuk melakukan olahraga, lakukan di pagi hari. Pasang alarm untuk bangun lebih awal dan lari pagi. Tak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga tiap harinya.

Membangun motivasi semangat olahraga sebenarnya mudah. Kuncinya adalah niatan dari dalam diri. Bila niatan tersebut hilang, maka sirna sudah kebiasaan berolahraga Anda. Jangan paksakan diri. Awali dengan berolahraga 2-3 kali seminggu. Bila telah terbiasa, Anda boleh melanjutkannya dengan melakukan olahraga setiap hari. Dengan demikian, kebiasaan berolahraga akan semakin terbangun.

0 COMMENTS