Beauty

Sepatu Hak Tinggi: Derita Dibalik Elegan dan Cantik Sepasang Kaki

2016-10-03
Sepatu hak tinggi - Untuk tampil cantik, perempuan tentu rela melakukan segala cara termasuk memakai sepatu hak tinggi.

Modifikasi bentuk serta warna-warna sepatu yang menarik diyakini dapat meningkatkan rasa percaya diri pemakainya. Terbukti, Vini Tanring, seorang account executive manager di salah satu perusahaan digital agency di Surabaya mengaku bahwa model sepatu hak tinggi sering ia gunakan ketika hendak bertemu dengan klien untuk dapat terlihat lebih profesional.

“Sejak dulu banyak orang yang berasumsi bahwa sepatu hak tinggi harus digunakan jika seorang perempuan ingin terlihat lebih cantik, rapi, dan seksi.” Ujar perempuan berusia 23 tahun itu. Ia mengaku dengan menggunakan model sepatu hak tinggi terbaru jenis stiletto membuat kakinya terlihat lebih jenjang, sehingga ia pun tampil lebih percaya diri saat harus berhadapan dengan klien ataupun rekan bisnis.

Ternyata Vini bukanlah satu-satunya perempuan yang menganggap bahwa sepatu hak tinggi dapat meningkatkan profesionalitas penampilan seorang perempuan. Cornellia Kwanda (24), desainer grafis sekaligus mahasiswi Pacasarjana Universitas Kristen Petra Surabaya ini pun mengatakan bahwa dengan menggunakan sepatu hak tinggi penampilannya terlihat lebih modern. Alih-alih merasa bosan, Cornellia justru senang menggunakan sepatu hak tinggi terbaru karena aksesoris tersebut dapat membuat perempuan 150cm ini terlihat lebih tinggi. “Aku kan pendek, jadi kurang percaya diri kalau tidak pakai high heels” ujarnya.

Baik Vini dan Cornellia, keduanya sama-sama merasakan manfaat dari penggunaan sepatu hak tinggi untuk menunjang penampilan mereka sehari-hari. Sayangnya, pemakaian sepatu hak tinggi yang terlalu lama tidak baik untuk kesehatan, seperti menyebabkan nyeri otot dan sendi. Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, menggunakan sepatu hak tinggi selama lebih dari 3 jam akan memicu timbulnya bunions, yaitu kondisi ketika terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Hal ini seringkali terjadi pada perempuan yang disebabkan oleh penggunaan sepatu hak tinggi yang sempit. Bunions menimbulkan rasa luar biasa sakit pada penderitanya dan biasanya hanya dapat disembuhkan melalui operasi.

Tak hanya itu, saat berjalan dengan menggunakan sepatu hak tinggi, kaki menjadi tumpuan dari seluruh berat tubuh, maka beban yang diberikan kepada kaki menjadi tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan ketika Anda menggunakan sepatu flat. “Berjalan dengan menggunakan high heels itu penuh perjuangan, apalagi kalau harus berjalan sendiri tanpa ada gandengan,” cerita Vini kepada Livewell, “Apalagi saat sedang dikejar waktu, salah-salah justru bisa keseleo karena tubuh jadi tidak seimbang.” lanjutnya.

Sedikit berbeda dari Vini, bentuk tubuh yang lebih mungil membuat Cornellia tidak bermasalah dengan keseimbangan tubuh ketika sedang memakai koleksi sepatu hak tinggi miliknya. Namun, ia mengaku bahwa sepatu ini cukup membuat kakinya kelelahan. “Jatuh sih belum pernah, tapi sering terasa pegal di sekitar pergelangan kaki.” Menariknya, meskipun harus menghadapi risiko-risiko tersebut Vini dan Cornellia tetap akan memakai sepatu hak tinggi saat menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Memakai sepatu hak tinggi memang dapat mengatasi beberapa masalah terkait postur tubuh, seperti menambah tinggi badan, menyamarkan tonjolan-tonjolan urat lutut, serta membuat kaki terlihat lebih jenjang bak seorang model papan atas. Akan tetapi, penggunaan sepatu hak tinggi secara berlebihan juga berbahaya untuk kesehatan tubuh. Anda yang terbiasa mengenakan sepatu jenis ini tentu lebih rentan terhadap risiko keseleo atau bahkan patah tulang. Tulang belakang pun akan mengalami rasa kaku, nyeri serta mengalami pergeseran yang tentunya dapat mempengaruhi bentuk fisiologi tubuh Anda.

Mulai saat ini, biasakan untuk memakai sepatu hak tinggi pada acara-acara tertentu saja. Pilih sepatu yang nyaman dan aman digunakan untuk kegiatan sehari-hari demi kesehatan tubuh Anda sendiri. Biasakan untuk memberi pijatan pada kaki setelah memakai model sepatu hak tinggi untuk meregangkan otot-otot serta sendi yang kaku.

0 COMMENTS