Others

Simak, Ini Alasan Tingginya Biaya Perawatan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

2022-03-07
Dalam rangka mewujudkan perawatan yang efektif bagi orang dengan kebutuhan khusus, terapis atau para ahli medis perlu mengetahui lebih lanjut.

Tentang hal apa saja yang dapat mengganggu orang berkebutuhan khusus. Sebab, hal ini dapat mencegah mereka untuk beraktivitas atau melakukan hal yang mereka sukai.

Berikutnya, setelah mengetahui faktor apa saja yang mengganggu orang berkebutuhan khusus, maka seorang terapis atau ahli medis akan membuat program yang sesuai untuk membantu orang berkebutuhan khusus. Tak hanya itu, kebutuhan terapi untuk setiap orang berkebutuhan khusus akan berbeda. Sehingga program yang dilaksanakan pun juga harus sesuai dengan kebutuhan orang tersebut. Hal ini dikarenakan tidak efektif bila hanya menggunakan satu terapi untuk semua (one stop).

Hal ini juga yang menyebabkan tingginya biaya terapi anak berkebutuhan khusus. Jika dibandingkan dengan penyakit lainnya, seperti kanker atau jantung kita mungkin dapat memahami alasan tingginya biaya perawatanya. Ini disebabkan karena adanya penggunaan peralatan & obat-obatan dengan biaya yang tinggi. Sedangkan untuk terapi kebutuhan khusus, sering kali hanya membutuhkan peralatan yang sangat sederhana, tidak ada obat-obatan atau peralatan yang canggih. Namun, kenyataannya tidak sedikit orang tua dari orang kebutuhan khusus yang harus menjual rumah, untuk membiayai terapi anak berkebutuhan khusus. Bahkan, di negara bagian barat biaya terapi dalam satu tahun dapat mencapai $ 80,000.

Alasan tingginya terapi anak berkebutuhan khusus yakni terapi ini membutuhkan waktu yang panjang. Sehingga sering kali orang berkebutuhan khusus harus one-on-one dengan terapis. Dengan adanya hal ini, maka seseorang yang berkebutuhan khusus harus membayar biaya waktu orang terapis selama setidaknya satu jam per hari dengan program yang dibuat khusus untuk mereka atau dengan kata lain mereka menanggung semua biaya itu sendiri. Jika dibandingkan dengan bidang medis lainya seperti penyakit serius seperti kanker & jantung. Program yang diterima kurang lebih sama, peralatan yang dipakai pun bisa digunakan untuk banyak orang dengan penyakit yang sama, mereka tidak memerlukan one-on-one dengan tenaga ahli setiap hari. Umumnya, mereka mempunyai target yang jelas. yaitu ketika penyakitnya sudah hilang maka biaya perawatanya pun berhenti. Permasalahan lainya, adalah tenaga ahli terapis untuk menganalisa kebutuhan ABK sangat terbatas sehingga sangatlah logis biaya untuk memakai mereka menjadi sangat mahal.

Untuk menanggulangi masalah ini beberapa tempat terapi mulai melakukan beberapa inovasi untuk mengurangi biaya seperti membuat program sederhana yang tidak memerlukan biaya yang tinggi & bisa dilakukan di rumah masing-masing. Untuk membantu orang berkebutuhan khusus & keluarga mereka pada akhirnya harus jatuh ke tangan pemerintah. sehingga mereka tidak terbebankan dengan biaya yang berlebihan. Selain itu, pemerintah juga dapat membantu menciptakan banyak terapis yang berkualitas. Sehungga dengan sendirinya biaya terapi pun akan menjadi lebih minim biaya.

0 COMMENTS