Others

Simak, Ini Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh Kita

2021-12-17
Di saat pandemi seperti ini, menjadi sebuah keharusan bagi kita untuk mengonsumsi berbagai macam vitamin dari vitamin B, C & D dan vitamin lainnya seperti Zinc.

Namun akhir-akhir ini kita didorong untuk rajin mengonsumsi vitamin E, hal ini pun memicu banyak perdebatan. Hal yang pertama perlu untuk diketahui adalah, bahwa vitamin E bukan hanya 1 vitamin saja namun merupakan gabungan dari berbagai vitamin dan antioksidan. Antioksidan dapat membantu  tubuh melawan sel yang dapat menyebabkan beberapa penyakit serius dari kanker, penyakit jantung hingga penuaan dini (premature aging). Para ahli mengatakan bahwa, vitamin E mengandung antioksidan yang tinggi.

Oleh karena itu, vitamin E dapat mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, meningkatkan imun tubuh, mencegah pembengkakan, meningkatkan kesehatan mata dan menurunkan resiko kanker. Selain dalam bentuk tablet, vitamin E juga terdapat dalam bentuk cair. Vitamin E dalam bentuk cair dapat ditemukan dalam sebagian besar produk kecantikan (skin care). Hal ini dikarenakan, vitamin E dalam bentuk cair mempunyai keunggulan dalam menunda penuaan (anti aging).

Vitamin E dalam bentuk cair juga diklaim mempunyai beberapa keunggulan lain seperti melembabkan kulit dan menghilangkan bekas luka. Namun, temuan ini masih diperdebatkan oleh para ahli. Dikarenakan vitamin E dianggap dapat melebabkan kulit, walaupun vitamin E tidak bisa menghilangkan luka tetapi tetap dapat membantu proses penyembuhan. Selain itu karena vitamian E dapat  menjadi pelembab bagi kulit. Tidak hanya itu, vitamin ini juga dapat mengurangi eksema, membantu mengurangi penyakit kulit psoriasis tanpa adanya efek samping dan dapat mengurangi rasa gatal pada kulit. Keuntungan lainya dari Vitamin E adalah bisa mengurangi keriput.

Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh kelembaban yang dimilikki oleh vitamin E karena ketika kulit menjadi lebih lembab maka seseorang akan terlihat lebih muda dan tidak berkeriput. Vitamin E juga dapat membantu mengurangi efek terbakar yang didapatkan dari sinar matahari, walaupun hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Keunggulan lainnya dari vitamin E yang mungkin tidak banyak orang sadari adalah vitamin ini dapat membantu mencegah kuku menguning yang dapat menyebabkan kuku terkelupas dan menjadi retak.

Walaupun vitamin E kelihatanya banyak membawa manfaat tetapi pada kenyataanya kita harus berhati hati sebelum mengkonsumsi vitamin E. Resiko tertinggi saat menggunakan vitamin E yakni resiko alergi terhadap orang yang mengonsumsinya. Sebagai contoh, jika seseorang memiliki kondisi kulit yang kurang baik dan orang tersebut juga alergi terhadap vitamin E, maka pada saat mereka mengonsumsi vitamin E tentunya kondisi kulit mereka akan makin parah.

Oleh karena itu, jika ada orang yang diketahui memilikki kondisi alergi sebaiknya tidak menggunakan vitamin E. Solusi lainnya, sebelum seseorang memutuskan untuk menggunakan vitamin E,  maka dapat mencoba vitamin E dengan kuantitas yang lebih sedikit dan jika seseorang mengalami efek samping, maka jangan melanjutkan mengonsumsi vitamin E. Jika seseorang tidak mengalami alergi, maka tidak ada salahnya kita memakai vitamin E untuk menjaga kesehatan kita.

0 COMMENTS