Psychology

Pentingnya Meminta Tolong Ketika Stres Berat

2016-10-05
Pentingnya meminta tolong ketika stress berat - Sering kali kita temukan di media massa berita mengenai orang yang depresi dan akhirnya bunuh diri.

Padahal, bila ditelusuri lebih lanjut, perilaku ini disebabkan karena seseorang tersebut mengalami stres berat. Banyak ahli yang mengungkapkan bahwa penting halnya untuk meminta tolong ketika stres. Lalu, apa saja yang jadi alasan seseorang untuk meminta bantuan ketika mengalami stres berat? Bagaimana pula cara menghilangkan stress berat yang berkepanjangan?

Pentingnya meminta bantuan

Seseorang yang mengalami stres berat wajib untuk sesegera mungkin membutuhkan bantuan. Alasannya, seseorang yang mengalami stress berat tidak akan mampu berpikir secara jernih. Tak mungkin masalah akan terselesaikan dengan baik ketika pikiran tidak dalam kondisi yang jernih. Anda butuh seseorang untuk mengeluarkan segala uneg-uneg dan masalah dalam hati. Ketika hati kalut, tendensi untuk berbuat sesuatu yang merugikan diri sendiri seperti melakukan perbuatan kriminal atau bahkan lebih parahnya bunuh diri, dapat meningkat dengan tajam.

Oleh karena itu, stress berat harus segera diketahui sebelum terlambat. Sayangnya, tak banyak orang memahami tanda stress berat. Berikut ini adalah beberapa ciri orang yang mengalami stress berat sebagai pedoman bagi Anda untuk mencari bantuan dari orang terdekat.

  • Berat badan turun – Salah satu tanda stres berat adalah penurunan berat badan yang tidak wajar. Biasanya disebabkan karena malas makan.
  • Mudah sakit – Imunitas jadi menurun karena perasaan hati tidak membaik. Belum lagi diperparah oleh penurunan nafsu makan sehingga nutrisi yang seharusnya diterima tubuh jadi tidak maksimal.
  • Sulit tidur – Setiap malam, mata terasa mengantuk namun pikiran tetap kalut. Akibatnya, tidur jadi kurang nyenyak. Perasaan hati pun semakin memburuk dan akhirnya berimbas pada kesehatan.

Tips Menghilangkan Stres Berat

Sebenarnya stres berat dapat diatasi dengan beberapa cara. Meditasi, melakukan hobi, atau mungkin sekedar berendam di air hangat adalah beberapa cara menghilangkan stres berat yang dapat Anda lakukan. Namun hal tersebut tidak cukup untuk membantu Anda mencari solusi akan masalah yang Anda temukan. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mencari bantuan orang lain tentang masalah Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan stres berat dengan meminta pertolongan orang lain.

Ingat bahwa stres bukan hanya perasaan sedih. Kadang kala, depresi mirip dengan perasaan menghakimi dan menghina diri sendiri secara terus menerus. Hal ini berakibat pada keputusasaan, kekecewaan, dan kegagalan jiwa. Ketika paham dengan situasi ini, Anda tentu akan memutuskan untuk mencari seseorang untuk berkeluh kesah.

Pilihlah siapa orang yang mampu menjadi teman curhat. Sering kali tempat kerja menawarkan orang-orang yang memiliki potensi menjadi teman jurhat. Carilah seseorang yang benar-benar dapat mendukung Anda ketika sedang merasa stres berat. Buang jauh-jauh perasaan takut akan stigma sosial bahwa Anda sedang mengalami depresi berat.

Jangan gengsi. Ungkapkan semuanya. Katakan apa yang jadi suara hari Anda saat ini. Jangan takut Anda akan dibenci karena teman curhat Anda adalah orang terbaik pilihan Anda. Percayalah. Meskipun ujung-ujungnya teman curhat Anda hanya berkata “sabar saja”, setidaknya Anda tetap dapat meluapkan emosi.

 

Lalu, masihkah Anda menganggap enteng bantuan orang lain ketika sedang stres berat? Justru hal inilah yang jadi cara menghilangkan stres berat paling efektif bagi Anda.

0 COMMENTS