Psychology

4 Tips Memilih Suami yang Baik

2017-01-03
4 tips memilih suami yang baik - Pasangan mana yang ingin hubungannya berakhir dengan perceraian? Tentunya dibutuhkan banyak hal untuk membangun rumah tangga. Kuncinya terletak sejak awal, yaitu dengan memilih calon suami yang baik.

Definisi baik bagi setiap orang mungkin berbeda-beda, tetapi beberapa tips berikut ini akan membantu Anda untuk menemukan suami yang sesuai dengan definisi baik versi Anda tersebut.

 

Jangan Membuat Pilihan Karena Takut

Anda mungkin pernah mendengar berita tentang kasus kekerasan rumah tangga di mana sang istri menjadi korban, tetapi ia tetap tidak mau berpisah dari suami karena alasan “takut”. Bentuk takutnya bermacam-macam, mulai dari takut diancam suami, takut tidak memiliki pemasukan bulanan karena ia tidak bekerja, hingga takut sendirian. Oleh sebab itu, lebih baik Anda menghabiskan waktu sendiri lebih lama dan menunggu pria yang tepat daripada harus membuat keputusan atas dasar rasa takut. Hal tersebut hanya akan menimbulkan kebingungan dan rasa gelisah berkepanjangan.

 

Beri Kesempatan pada Pria yang Berbeda

Sebagai wanita, wajar apabila Anda memiliki kriteria tersendiri untuk menetukan ciri suami yang baik. Namun, jangan menutup diri Anda hanya karena pria tertentu tidak sesuai dengan tipe Anda. Hal ini biasanya terjadi ketika teman atau keluarga Anda memperkenalkan Anda dengan seorang pria. Ingatlah bahwa ketertarikan bisa tumbuh ketika Anda dan pria tersebut membuka diri untuk saling mengenali karakter masing-masing. Luangkan waktu untuk menghabiskan waktu berdua dan mengobrol dengannya. Siapa tahu ternyata Anda dan pria tersebut memiliki kesukaan yang sama terhadap hal-hal tertentu.

 

Bandingkan Nilai dan Tujuan Hidup

Melalui obrolan yang dilakukan berdua, Anda bisa menilai apakah pria tersebut memiliki nilai dan tujuan hidup yang sama dengan Anda. Hal ini cukup penting karena membangun jika Anda dan pasangan tidak memiliki visi dan misi yang sama, nantinya “kapal” rumah tangga Anda akan bingung berlabuh ke mana. Selain mencari suami yang baik dan setia, pastikan bahwa calon suami Anda juga memahami dan mendukung mimpi-mimpi Anda. Sebaliknya, Anda pun harus bisa melakukan hal yang sama selama mimpi-mimpi tersebut bersifat positif.

 

Pilih Suami yang Baik dan Sholeh

Suami adalah kepala rumah tangga yang akan memimpin keluarga Anda nanti. Karenanya, pilihlah suami yang baik dan sholeh. Seperti yang disinggung sebelumnya, setiap orang tentu memiliki definisi masing-masing tentang konsep “baik”. Pastikan saja bahwa calon suami Anda memiliki hubungan yang baik dengan sesama. Artinya, ia bukan termasuk orang yang suka menghakimi orang lain hanya karena memiliki pilihan hidup dan pendapat berbeda darinya. Sedangkan, untuk aspek religi, semua kembali lagi kepada Anda. Apakah Anda memang termasuk orang yang religius dan ingin membangun rumah tangga dengan nilai tersebut?

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih suami yang baik. Jangan lupa untuk tetap bersenang-senang agar Anda tidak merasa stres. Jika sudah mantap dengan pilihan suami, saatnya mengenalkan pria tersebut ke keluarga Anda. Good luck!

0 COMMENTS