Others

Sulit Tidur Bagi Orang Yang Sudah Berumur

2020-06-10
Akhir-akhir ini orang tua saya bercerita bahwa mereka sering terbangun pada jam-jam yang sangat pagi.

Tidak jarang mereka sering terbangun pada jam 2 atau jam 3 pagi, walaupun mereka baru tertidur jam 12 malam atau jam 1 pagi. Masalahnya adalah di saat mereka terbangun sering kali tidak bisa tidur kembali, alhasil pola tidur mereka pun sangat terganggu. Mungkin cerita seperti ini bukan sesuatu yang baru bagi kita yang mempunyai orang tua yang berumur. Sering kali reaksi kita adalah membiarkan hal seperti ini, seolah ini  merupakan sesuatu yang biasa bagi mereka yang sudah berumur. Alhasil kita tidak melakukan apapun untuk membantu orang tua kita dalam menghadapi masalah ini.

Pada kenyataanya masalah ini sangat memengaruhi kesehatan orang tua kita dan jika dibiarkan akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Menurut penelitian sebetulnya jumlah tidur seseorang tetap konstan yaitu sebanyak 7 – 8 jam per hari bagi orang dewasa sampai orang yang berumur. Jadi, yang berubah sebenarnya adalah pola tidur kita. Semakin kita berumur tubuh kita mengalami peningkatan pada sleep fragmentation atau lebih dikenal dengan fase bangun tidur di tengah malam. Selain itu, REM (Random Eye Movement) kita berkurang atau dengan kata lain kualitas tidur kita berkurang saat semakin bertambah umur. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidur terganggu pada orang yang berumur antara lain:

Berubahnya Circadian Rhythims

Circadian rhythims adalah fungsi tubuh kita yang mengatur fungsi seperti tidur. Pada saat seseorang berumur maka circadian rhythims mereka berubah, salah satu contoh yang paling sering terjadi adalah advanced sleep phase syndrome atau dimana orang yang berumur akan merasa mengantuk lebih cepat dan bangun lebih pagi jika dibandingkan dengan mereka yang lebih muda.

Meningkatnya Insomnia

Insomnia atau kesulitan tidur lebih sering terjadi pada orang yang berumur. Hal ini biasanya terjadi karena orang tersebut mengalami masalah medis atau psikologis.

Masalah Mendengkur

Untuk individu yang mempunyai masalah mendengkur dari masa mudanya, maka hal ini dapat bertambah parah dengan bertambahnya umur. Masalah dengkur ini mengganggu pola tidur pada orang yang berumur, dimana dapat menyebabkan Obstructive Sleep Apnea (OSA) yaitu nafas seseorang bisa terhenti selama 10 – 60 detik sehingga menyebabkan jumlah oksigen di dalam darah turun ke level yang membahayakan. Hal ini menyebabkan tubuh memberitahukan otak kita bahwa tubuh kita dalam bahaya, berakibat otak membangunkan kita di tengah-tengah tidur. Selain itu OSA dapat menyebabkan penyakit jantung, sakit kepala, kehilangan ingatan serta deperesi.

Masalah Restless Leg Syndrome

Kelainan ini adalah dimana saat tidur seseorang mengalami perasaan tidak enak terutama di bagian kaki dan semakin malam terasa semakin mengganggu. Hal ini menyebabkan seseorang untuk sulit tidur ditambah lagi semakin seseorang berumur masalah ini bisa bertambah parah.

GERD (Gastroesphaseal Reflux Disease)

Pada dasarnya ini adalah masalah lambung dimana sering kali rasa nyeri mencegah seseorang untuk bisa tidur nyenyak terutama semakin mereka berumur.

 

Berita baiknya, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu orang yang berumur agar mereka bisa tidur dengan nyenyak sehingga bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Mengurangi Kafein Bagi Orang Yang Berumur

Hal ini mungkin akan agak sulit terutama bagi orang berumur yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi. Memaksa mereka untuk mengurangi kopi bukan perkerjaan yang mudah apalagi jika dengan mengonsumsi kopi mereka jadi lebih tenang. Usahakan agar mereka tidak mengonsumsi kopi mendekati waktu tidur mereka. Selain itu, coba dengan membatasi jumlah asupan kopi yang mereka konsumsi dalam seharinya.

Kurangi Waktu Tidur Siang

Hal ini juga bukan merupakan pekerjaan yang mudah karena orang berumur terutama yang sudah tidak lagi aktif bekerja atau beraktivitas cenderung mempunyai banyak waktu luang, sehingga bukannya tidak mungkin mereka akan tertidur di siang hari. Selain itu karena orang yang berumur sering terbangun di pagi hari, maka di siang harinya mereka akan merasa mengantuk. Ajak mereka beraktivitas jika ada waktu atau dukung mereka untuk beraktivitas seperti olahraga, senam atau mungkin menari bersama.

 

Sedapat mungkin mari kita coba untuk mengajak mereka berdiskusi sekiranya ada yang hal-hal lain yang mengganggu mereka secara fisik ataupun psikologis, yang berdampak pada terganggunya kualitas dan jumlah tidur mereka.

0 COMMENTS