Sex

Testosteron

2018-12-07
Pernahkah Anda mendengar mengenai Testosteron?

Testosteron adalah hormon yang sering dikaitkan dengan pria dan maskulinitas seseorang.

Hormon testosteron bertanggung jawab untuk perkembangan karakteristik seksual pria dan juga memicu perubahan yang diperlukan tubuh.                                                                                                                       

Fungsi dari hormon testosteron  yang mungkin banyak diketahui adalah berhubungan dengan fertilitas laki-laki seperti dorongan seksual dan produksi sperma. Sedangkan banyak juga fungsi yang  tidak diketahui yaitu mengontrol massa tulang, distribusi lemak, produksi sel darah merah, besaran dan kekuatan otot.

Jika melihat dari fakta tersebut apakah Anda menyadari bahwa sangatlah penting menjaga level testosteron yang sehat khususnya bagi pria? Penjelasan yang paling mudah yaitu maskulinitas dari seorang pria dapat terjaga dengan adanya testosteron. Karena semakin bertambah umur seseorang  khususnya diatas umur 40 tahun maka level testosteron seseorang akan turun 1,6 % per tahun. Kemudian untuk sebagian besar pria pada umur 60 tahun akan mengalami apa yang disebut hypogonadism atau kekurangan level testosteron. Gejala dari kondisi ini di antara lain:

  • Berkurangnya level libido
  • Perubahan suasana hati seseorang
  • Berkurangnya kualitas ereksi terutama di malam hari
  • Pengurangan pengenalan kognitif, letih, depresi dan mudah marah
  • Berkurangnya pertumbuhan rambut
  • Meningkatnya massa gemuk pada perut

Sayangnya saat ini belum ada perawatan yang tepat untuk menyembuhkan kondisi ini. Sebagian orang berani mengkonsumsi prohormone untuk mengembalikan bentuk badan mereka seperti masa muda. Hal tersebut dilakukan karena dengan mengonsumsi suplemen tersebut dapat mengurangi berat badan dan meningkatkan massa otot mereka. Jika suplemen ini dikonsumsi terlalu lama dapat menyebabkan efek yang sangat buruk. Hal tersebut terjadi dikarenakan suplemen ini merupakan salah satu variasi steroid.

Lalu bagaimana cara untuk menjaga level testosteron yang baik? Saat ini satu-satunya cara yang paling aman dan efektif adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat agar dapat menjaga “kemaskulinan” mereka secara fisik maupun psikis sampai tua nanti.

0 COMMENTS