Others

Tidur yang Berkualitas

2019-01-18
Apakah tidur yang selama ini dilakukan merupakan tidur yang berkualitas?

Tidur merupakan salah satu cara untuk melepaskan rasa lelah baik jasmani maupun rohani dan tentunya sangat penting bagi tubuh manusia. Untuk sebagian besar orang tidur merupakan hal yang mudah. Namun, apakah tidur yang selama ini dilakukan merupakan tidur yang berkualitas? Karena pada kenyataanya banyak orang yang sulit tidur atau mudah tidur namun tidurnya tidak berkualitas.

Berdasarkan National Sleep Foundation (NSF) ada 4 persyaratan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sebagai berikut:

  1. Seseorang harus tidur lebih lama di tempat tidur (sekitar 85%).
  2. Seseorang yang bisa tertidur dalam 30 menit atau kurang.
  3. Seseorang tidak boleh terbangun lebih dari sekali dalam semalam.
  4. Jika seseorang tidak sengaja terbangun setelah tidur, ia akan tertidur kembali kurang dari 20 menit.

Mengapa tidur yang berkualitas itu sangatlah penting? Karena jika tidur seseorang tidak berkualitas maka akan berdampak pada sistem imun dan meningkatkan resiko terjangkit penyakit pernapasan dan juga penyakit jantung. Berat badan juga akan bermasalah dikarenakan hormon leptin dan ghrelin yang mengontrol rasa lapar dan kenyang terganggu. Tingkat insulin di tubuh pun terganggu sehingga meningkatkan kandungan lemak dalam tubuh dan dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Tak hanya itu, hormon pertumbuhan dan testoteron pun akan terganggu jika tidur seseorang tidak berkualitas.

Begitu banyak dampak yang terjadi jika seseorang menganggap remeh pentingnya kualitas tidur setiap harinya.

Lalu bagaimanakah cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas? Menurut National Sleep Foundation (NSF) ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencapai tidur yang berkualitas sebagi berikut:

  1. Tidurlah di waktu yang sama setiap malam.
  2. Sebelum tidur sebaiknya seseorang melakukan kegiatan relaksasi agar tubuh lebih relaks. Hindari tidur siang atau tidur sore jika memiliki kesulitan tidur di malam hari.
  3. Olahraga secara teratur.
  4. Menggunakan matras dan bantal yang nyaman
  5. Mengevaluasi kamar dan menyingkirkan apa saja yang dapat mengganggu tidur.

Bagaimana, sudah siap untuk mengubah pola tidurmu? Marilah berusaha untuk menjaga kualitas tidur agar hidup pun semakin berkualitas.

0 COMMENTS