Others

Tinea Versicolor

2018-04-09
Tinea versicolor adalah penyakit kulit yang banyak ditemukan di negara tropis atau subtropis seperti di Indonesia.

Dari namanya mungkin terlihat seperti penyakit baru tetapi dalam Bahasa Indonesia penyakit ini umumnya dikenal sebagai “panu” yang pastinya semua orang tahu. Tinea Versicolor diambil dari bahasa latin versare yang secara harfiah artinya berubah warna sesuai karakteristik penyakit ini yang dapat mengubah kulit warna mereka (Wikipedia).

Masyarakat pada umumnya selalu beranggapan bahwa penyakit ini bisa timbul karena masalah sanitasi sehingga seseorang terjangkit penyakit ini mereka akan kehilangan percaya diri. Sebenarnya penyebab penyakit ini tidak ada hubungannya dengan bersih atau tidaknya seseorang, melainkan disebabkan oleh jamur yang bernama malassezia yang sebetulnya sudah ada di kulit manusia namun karena pertumbuhanya tidak terkendali sehingga menimbulkan bercak2 pada tubuh penderita.

Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi beberapa faktor diduga dapat menyebabkan penderita terjangkit penyakit ini. Faktor pertama adalah cuaca dimana udara panas dan lembab mendukung bagi jamur untuk tumbuh optimal. Faktor kedua kondisi kesehatan di mana kekebalan tubuh yang lemah juga memacu tumbuhnya jamur ini. Faktor terakhir adalah kondisi kulit yang berminyak akan lebih rentan terjangkit.

Penyakit ini sama sekali tidak berbahaya, tetapi karena karekteristik penyakit ini yang merubah warna kulit dan juga anggapan masyarakat umum bahwa penyakit ini diidentifikasikan dengan tidak bersih, sehingga tidak sedikit orang yang mau dengan cepat menghilangkan penyakit ini.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengobati  penyakit ini, pertama obat panu topical (obat yang dioleskan pada kulit) contohnya seperti obat salep panu, krim atau yang banyak dipakai dan paling mudah didapat adalah shampoo anti jamur atau ketombe. Kedua yaitu obat pembersih kulit, dengan menggunakan obat pembersih atau cairan antiseptik minimal satu kali sebulan dapat mencegah jamur tumbuh tidak terkendali. Cara terakhir dengan obat panu minum atau tablet dari resep dokter jika penyakit panu mencakup areal kulit yang luas, tebal atau sering kambuh. Dikarenakan ada efek samping dari obat ini, dokter biasa merekomendasikan hanya boleh dikonsumsi dalam waktu tertentu (Farmasiana Website).

0 COMMENTS