Beauty

Tipe Kulit Wajah dan Bedak yang Cocok Untuk Anda

2016-09-30
Tipe Kulit Wajah dan Bedak yang Cocok Untuk Anda - Bedak merupakan salah satu produk kosmetik yang sering kali digunakan untuk membuat penampilan lebih segar, baik diaplikasikan pada laki-laki ataupun perempuan.

Selain untuk menunjang penampilan, rupanya bedak juga bisa dijadikan sebagai salah satu produk yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Akan tetapi, masih banyak diantara kita yang belum mengetahui dengan baik tipe kulit wajah dan bedak apa yang cocok untuk Anda gunakan sehari-hari. Tak jarang, salah memilih bedak justru bisa membuat kulit wajah berjerawat atau bahkan timbul kemerahan akibat alergi. Oleh sebab itu, mulai sekarang cobalah untuk selektif dalam memilih jenis bedak yang akan digunakan.

Inilah beberapa jenis bedak yang cocok untuk diterapkan pada tipe kulit wajah tertentu!

Tipe Kulit Wajah Berminyak:

Bedak Loose / Loose Powder - Bedak loose atau loose powder ini terbentuk dari partikel kecil berbentuk serbuk yang mudah menempel di kulit wajah tanpa menyumbat pori-pori kulit. Bedak jenis ini cocok digunakan untuk tipe kulit wajah berminyak, berjerawat, bahkan mereka yang sangat sensitif kulit wajahnya sangat dianjurkan para dokter untuk menggunakan bedak loose. Sayangnya, bedak loose ini mudah luntur sehingga kamu harus berulang kali menggunakannya pada kulit wajah.

Two Way Cake - Bedak two way cake terbuat dari campuran foundation dan bedak padat dengan perbandingan campuran 1:1 atau 2:1. Anda membutuhkan spons atau powder brush agar bedak dapat merata di seluruh permukaan kulit wajah. Bedak jenis ini kurang cocok digunakan bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak karena dapat membuat kesan mengkilap di wajah Anda.

Matte Powder - Tidak hanya lipstik yang memiliki jenis matte, bedak pun memiliki jenis ini. Bedak ini mampu menghilangkan minyak di seluruh wajah Anda, sehingga cocok digunakan oleh jenis kulit berminyak. Tahap penggunaannya pun berbeda dengan cara pemakaian jenis bedak lainnya. Cukup gunakan tipis, karena penggunaan yang terlalu tebal akan membuat wajah Anda tampak tidak natural.

Tipe Kulit Wajah Sensitif:

Compact Powder - Berbeda dengan bedak loose, compact powder ini justru terbentuk dari partikel kecil dan padat. Biasanya kemasan compact powder disertai dengan cermin, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya dimana pun dan kapan pun sesuai dengan kebutuhan. Untuk membersihkannya, kamu perlu menggunakan toner agar partikel-partikel penyusun compact powder ini tidak menyumbat pori-pori kulit wajahmu. Apabila dibiarkan demikian, maka kulit wajahmu akan dengan mudah terserang komedo serta jerawat yang tentu akan sangat mengganggu penampilan.

Bedak Mineral - Bedak jenis ini disusun oleh mineral yang mana memiliki partikel lebih kecil dari bedak tabur. Penggunaan bedak mineral sangat dianjurkan untuk Anda yang memiliki tipe kulit wajah sensitif, seperti berjerawat, berminyak atau karena alergi. Bedak mineral akan memberikan hasil yang baik pada penampilan Anda dan menempel cukup lama. Bedak mineral yang baik tentunya tidak akan menyebabkan kulit wajah teriritasi.

Tipe Kulit Wajah Kering:

Bedak Cair / Liquid Powder - Bedak cair ini biasa digunakan oleh para tukang rias atau make up artist. Pasalnya, bedak ini dapat menyatu dengan kulit wajah dalam waktu yang cukup lama. Bedak ini pun tak jarang mengandung pelembab sehingga cocok untuk tipe kulit wajah kering. Tak heran jika para model papan atas menggunakan jenis bedak ini saat akan melakukan fashion show. Sebaiknya, memilih bedak cair dengan warna yang natural atau sama dengan warna kulit asli Anda agar tidak membuat kulit terlihat belang.

Tranlucent Powder - Tranlucent powder dikenal juga dengan sebutan bedak transparan memiliki warna yang hampir polos sehingga aman digunakan pada beragam warna kulit, kecuali kulit yang sangat gelap atau kulit yang berwarna pucat. Bedak jenis ini termasuk jarang digunakan karena memiliki efek menyegarkan yang sangat minim. Penggunanya pun biasa menggunakan saat sedang melakukan aktivitas santai atau bahkan di dalam rumah.

 

Ternyata memilih bedak memang harus disesuaikan dengan tipe kulit wajah Anda. Sesuaikan kondisi kulit wajah dengan bedak yang Anda gunakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya efek samping seperti alergi misalnya. Pastikan Anda juga menyesuaikan warna bedak dengan kulit wajah agar tidak terlihat seperti menggunakan topeng.

0 COMMENTS