Mom & Kids

Tips Memberikan ASI untuk Wanita Karir

2016-10-12
Tips memberikan ASI untuk wanita karir dan manfaatnya - Pemberian ASI eksklusif memang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati yang baru lahir hingga usia 6 bulan.

Hal ini tentu membuat setiap wanita karir kerepotan. Betapa tidak, cuti hamil terbatas hanya 3 bulan saja dan Anda harus kembali ke kantor untuk bekerja. Akibatnya, manfaat ASI bagi bayi jadi tidak terpenuhi dengan baik.

Sebenarnya ada cara yang tepat dalam memberikan ASI eksklusif untuk wanita karir. Namun, ada baiknya bila Anda mengetahui manfaat ASI eksklusif bagi bayi agar motivasi pemberian ASI tetap terbangun dengan baik.

Manfaat ASI Eksklusif

Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat – Imunitas bayi yang baru lahir umumnya belum berkembang dengan baik, bahkan tidak ada. Satu-satunya sumber antibodi pada bayi adalah ASI. Dalam ASI terkandung banyak zat yang membantu tubuh bayi untuk melawan segala bakteri dan virus.

Kecerdasan bayi lebih berkembang – Kandungan asam lemak yang terkandung dalam ASI memberikan manfaat ASI eksklusif yang lebih baik. Zat tersebut mampu mendukung perkembangan otak bayi sehingga kecerdasan bayi terbangun dengan baik.

Berat badan yang ideal – Berbeda dengan susu formula, ASI mengandung nutrisi yang seimbang. ASI bahkan mengandung lebih sedikit insulin daripada susu formula. Hal ini mencegah pembentukan lemak berlebih sehingga berat badan bayi tetap ideal.

Tips memberikan ASI untuk wanita karir

Setelah mengetahui semua manfaat ASI eksklusif tersebut, tentu Anda akan berusaha untuk memberikan ASI eksklusif di tengah kesibukan kerja. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana cara memberikan ASI tanpa meninggalkan pekerjaan. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan.

Berikan melalui ASI perah – Memberikan ASI memang lebih nyaman bila langsung dari puting. Namun tidak menutup kemungkinan bila Anda memerah ASI dan menyimpannya dalam freezer untuk diberikan nantinya. Perhatikan bagaimana cara Anda memerah ASI dengan benar. Pastikan cuci tangan sebelum memerah. Letakkan tangan di aerola dengan posisi ibu jari berlawanan dengan jari telunjuk. Tekan dada secara perlahan untuk mengikuti arah aliran susu. Putar perlahan dengan ibu jari sehingga kelenjar susu dapat tertekan dan melancarkan air susu. Anda juga bisa menggunakan pompa ASI bila merasa kesulitan.

Perkirakan waktu penyimpanan – ASI tidak akan bertahan lama bila berada di suhu ruangan. ASI akan basi ketika sudah berada di suhu ruangan selama 4 jam ke atas. Anda dapat memperpanjang usia ASI dengan memasukkannya ke dalam freezer atau termos es. Biasanya, ASI yang disimpan dengan baik dalam freezer akan bertahan hingga 5 hari. Jangan lupa memberikan label ketika menyimpan ASI agar Anda tidak salah memberikan ASI yang sudah basi.

Perah ASI sesuai jadwal – Usahakan untuk melakukan pemerahan ASI secara rutin. Tujuannya adalah untuk memenuhi stok ASI di rumah. Selain itu, kelenjar susu biasanya memproduksi ASI terlalu banyak sehingga dapat tumpah dan merembes di pakaian. Bila Anda termasuk ibu yang mengeluarkan ASI terlalu banyak, Anda dapat sesering mungkin melakukan pemerahan agar ASI tidak terbuang sia-sia.

Jangan memaksakan kehendak

Perlu Anda ketahui, tidak semua ibu mampu menghasilkan ASI yang cukup bagi bayinya. Ada ibu yang justru susah mengeluarkan ASI. Bila itu terjadi pada Anda, sebaiknya dampingi ASI dengan susu formula. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memberikan ASI.

Banyak dari orang tua yang memaksakan kehendak dengan menunggu keluarnya ASI, padahal bayi sudah lapar dan haus. Hal ini justru akan berbahaya bagi anak. Bayi dapat mengalami dehidrasi serta kekurangan nutrisi bila hal tersebut dilakukan terus-menerus. Intinya, meskipun ASI bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi, ada baiknya bila Anda tetap memperhatikan kondisi kesehatannya.

 

Itulah beberapa manfaat ASI bagi bayi serta bagaimana tips yang tepat untuk memberikan ASI eksklusif bagi wanita karir. Jangan biarkan nutrisi bayi Anda tidak cukup terpenuhi hanya karena kesulitan untuk memberikan ASI saat bekerja. Selama stok ASI tetap terjaga, manfaat ASI eksklusif masih bisa didapatkan bayi.

0 COMMENTS