Mom & Kids

Tips Memilih Terapis untuk Anak Berkebutuhan Khusus

2019-07-29
Tips Memilih Terapis untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Menjadi orangtua dengan anak berkebutuhan khusus pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak mereka. Salah satunya memberikan terapis terbaik. Namun, hal ini seringkali menjadi pilihan sulit dalam memilih terapis yang tepat untuk anak mereka. Selain harus mencari tempat terapi dan terapis yang sesuai, orangtua juga harus menyiapkan dana dan waktu.

Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan oleh orangtua ABK untuk mendapatkan terapi yang diperlukan. Pertama yang harus dilakukan adalah jangan terburu-buru, perbanyaklah bertanya ke dokter spesialis tumbuh kembang atau dokter anak, terapis, keluarga, kerabat atau bahkan dari internet untuk mempelajari terapis yang ada untuk ABK. Untuk permulaan orangtua sebaiknya bertemu dengan dokter spesialis tumbuh kembang untuk memastikan pertumbuhan anak sudah sesuai dengan umur mereka, tidak ada kelainan fisik atau ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Jika hasil dari pemerikasaan menyatakan anak tersebut memerlukan terapi untuk Autism maka datanglah ke beberapa tempat terapi yang sudah dipelajari dan dipilih.  Di tempat terapi tersebut coba tanyakan apakah boleh mencoba terapi terlebih dahulu. Biasanya pada masa percobaan tempat terapi akan memberikan free trial. Setelah mencoba beberapa tempat terapi yang menjadi pilihan, diskusikan dengan kerabat atau keluarga mengenai tempat terapi yang menjadi pilihan.

Dengarkan pendapat dari kerabat atau keluarga terdekat mengenai tempat terapi yang sudah dipilih. Orangtua tidak harus setuju dengan pendapat tersebut, tapi mungkin saja ada saran yang tidak terpikir oleh orangtua dan bisa menjadi pertimbangan penting untuk memilih terapi yang sesuai. Setelah memantapkan pilihan terapi yang dirasa sesuai, pertimbangan penting yang harus dipikirkan adalah masalah biaya. Meskipun orangtua mungkin sudah merasa cocok dengan terapi tersebut namun jika orangtua merasa biaya yang harus dikeluarkan terlalu tinggi, sebaiknya tidak dipaksakan kemudian pilih yang sesuai dengan kemampuan. Hal ini perlu dipertimbangankan agar tidak mengganggu kebutuhan primer dan kebuthan lainnya, terlebih jika orang tua berhutang pada berbagai pihak.

Dalam kasus lain jika orang tua tidak sanggup sama sekali untuk membiayai terapi anak mereka, maka semua sekolah negeri wajib menerima dan mendidik semua ABK tanpa biaya. Sehingga setidaknya ABK mendapat kesempatan untuk belajar. Untuk tips lebih lanjut yang berhubungan dengan biaya terapi coba diskusikan dengan penyedia jasa BPJS dimana seharusnya seorang warga Indonesia atau orangtua berhak mendapatkan bantuan pembiayaan untuk terapi yang diperlukan untuk ABK.

Tips Memilih Terapis untuk Anak Berkebutuhan Khusus

0 COMMENTS