Beauty

Uban Di Usia Muda? Ini 5 Penyebabnya

2016-10-01
Uban di Usia Muda? Ini 5 Penyebabnya - Uban merupakan rambut berwarna putih yang sebenarnya adalah warna dasar rambut seluruh manusia di dunia.

Warna dasar tersebut terletak pada kantung rambut atau folikel. Ketika seseorang semakin berumur dan mencapai usia pertengahan, makin banyak sel pigmen rambut yang mati. Hal tersebut menyebabkan hilangnya warna rambut yang berpangkal pada kantung rambut (folikel) yang sama. Pada umumnya, uban akan muncul pada usia sekitar 30 hingga 40 tahun. Namun, ada banyak penyebab lain yang dapat memunculkan rambut uban di usia muda. Berikut ini merupakan beberapa penyebab uban di usia muda.

Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 mengandung Zinc yang berperan penting dalam memberi nutrisi untuk rambut Anda. Kekurangan vitamin B12 justru akan membuka peluang terhadap munculnya uban di usia muda. Untuk menghilangkan uban di usia muda, Anda dalam meningkatkan konsumsi pada makanan-makanan yang mengandung banyak vitamin B12 seperti, ikan tuna, ikan salmon, kepiting, kerang, salmon dan telur ayam.

Penggunaan Pengering Rambut Secara Berlebihan

Jika Anda terbiasa menggunakan pengering rambut secara rutin usai mandi atau keramas, ternyata hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab munculnya uban di usia muda. Panas yang dihasilkan oleh pengering rambut dapat merusak kesehatan rambut serta mempengaruhi produksi melanin yang menyebabkan tumbuhnya uban. Sering menggunakan pewarna rambut juga dapat merusak rambut. Bahan kimia yang hadir di dalamnya dapat merusak sel-sel melanin yang justru membuat uban cepat tumbuh meski di usia muda.

Pola Hidup yang Kurang Sehat

Uban juga dapat muncul akibat pola hidup yang kurang sehat. Terlebih jika Anda adalah seorang perokok. Pasalnya, merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab utama munculnya uban di usia dini. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok yang nantinya akan menurunkan tingkat melanin sehingga rambut uban di usia muda muncul tak terkendali.

Tak hanya itu, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji juga dapat memicu pertumbuhan uban. Hal itu dikarenakan makanan cepat saji memiliki kandungan vitamin yang sangat sedikit. Sehingga produksi melanin dalam rambut pun akan terpengaruhi.

Stres

Stres terbukti memiliki dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah rambut rontok dan rambut beruban prematur. Segala bentuk guncangan batin, seperti syok, sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin. Selain itu, uban juga dapat muncul ketika Anda mengalami ketidakstabilan hormon yang sangat mempengaruhi kondisi kulit dan

rambut.

Sebagai salah satu cara menghilangkan uban di usia muda, usahakan Anda tetap mengontrol kondisi tubuh dan pikiran sehingga tidak mengalami stres. Seimbangkan waktu bekerja dan beristirahat agar Anda tetap bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan santai dan pikiran yang tenang.

Penyakit Tiroid

Salah satu penyebab munculnya uban di rambut yaitu adanya penyakit tiroid. Penyakit tiroid adalah berbagai gangguan atau masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid yang terletak di bawah jakun dan bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh sehingga peranannya sangat penting bagi kita.

Tiroid yang kurang atau terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin pada rambut dan menghasilkan uban prematur. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk memeriksa kadar tiroid jika tiba-tiba muncul uban di usia muda.

 

Itulah beberapa penyebab uban di usia muda yang wajib Anda ketahui. Jika Anda sedang mengalami masalah rambut beruban, segera temukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Namun, sangat disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan menjalani kehidupan yang sehat agar asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh dapat memenuhi jumlah yang dibutuhkan. Menjaga kebersihan kulit kepala juga dapat menghindarkan Anda dari uban di usia muda.

0 COMMENTS